Operation C

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Operation C
Sampul kotak Operation C edisi Amerika Utara
Sampul kotak kartrid Operation C edisi Amerika Utara untuk Game Boy
Pengembang Bendera JepangKonami
Penerbit Konami (Jepang)
Ultra Games (Amerika Utara)
Palcom (Eropa)
Mattel (Australia)
Perancang Toru Hagihara, Y. Hayano (pemrogram)
Platform Game Boy
Tanggal rilis Jepang: 8 Januari 1991
Amerika Utara: Februari 1991
Genre Lari dan tembak
Mode Pemain tunggal
Media digital/distribusi Kartrid

Operation C (BI: "Operasi C"), dirilis dengan judul Contra (コントラ?)[1] di Jepang dan sebagai Probotector ("pro-bo-tèk-tor") di Eropa dan Oseania, adalah sebuah permainan video lari dan tembak tahun 1991 yang dibuat oleh Konami Jepang dan dirilis untuk konsol portabel Game Boy. Permainan ini merupakan sekuel portabel pertama dalam seri Contra dan memfiturkan mekanisme permainan yang sama dengan versi NES dari Contra (1988) dan Super C (1990).

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Dalam permainan Operation C, pemain mengendalikan Bill Rizer yang harus menetralisir kekuatan musuh yang secara diam-diam menyimpan sel makhluk asing di markas mereka. Seperti permainan Contra sebelumnya untuk NES, rincian latar permainan bervariasi di antara versi rilis yang berbeda: dalam versi Jepang, musuh permainan diidentifikasi sebagai tentara dari sebuah bangsa tanpa nama yang bermusuhan dan ingin menggunakan sel makhluk asing untuk memproduksi senjata; dalam versi Amerika, pihak antagonis permainan diidentifikasi sebagai "Black Viper" ("Ular Hitam Berbisa"), sebuah entitas makhluk asing yang berhubungan dengan "Red Falcon" ("Elang Merah"). Dalam alur cerita edisi Amerika dari permainan Contra versi NES, "Red Falcon" adalah nama dari suatu entitas makhluk asing.

Pada permainan Contra 4 tahun 2007, peristiwa dalam alur cerita "Operation C" diinterpretasikan sebagai misi sebelum yang dijalankan oleh karakter "Mad Dog" ("Anjing Gila") dan "Scorpion" ("Kalajengking"), dua karakter baru yang diciptakan khusus untuk Contra 4 yang melawan "Black Viper".

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini memiliki total lima tahap, banyak yang berbagi kesamaan desain dengan tahap-tahap dalam permainan Super C sebelumnya. Tingkat kedua dan keempat adalah tampak-atas, dan sisanya merupakan pandangan-sisi atau bergulir secara vertikal. Musik permainan, dengan pengecualian beberapa lagu, merupakan versi remix / tata-ulang elektronik dari sebagian besar musik Contra. Operation C adalah permainan pertama dalam seri Contra yang menggunakan fitur tembakan-otomatis sebagai fitur standar, sehingga fitur penambah-kekuatan Senapan Mesin dari permainan sebelumnya tidak digunakan lagi. Senapan Laser juga dihilangkan, hanya menyisakan Senapan Sebar (S) dan Senjata Api (F) dari permainan Super C. Namun permainan ini memperkenalkan senjata baru, yaitu Senjata Homing / Berpemandu (H). Senapan Sebar dimulai dengan tembakan menyebar keluar ke tiga arah, tetapi dapat ditingkatkan sampai lima arah setelah mengambil penambah-kekuatan untuk kedua kalinya. Tidak seperti dalam permainan Super C, tembakan Senjata Api tidak memiliki tembakan yang dapat diisi dengan menahan tombol tembak. Penambah-kekuatan Pelindung dan Tembakan-cepat tidak ditampilkan dalam seri permainan ini.

Perbedaan versi[sunting | sunting sumber]

Versi Jepang Operation C hanya berjudul Contra, yang memperbolehkan pemain untuk memulai permainan dari empat tahap pertama yang mana saja. Versi Amerika hanya memperbolehkan fitur Pilih Tahap untuk tersedia dengan memasukkan Kode Konami. Sementara sisa permainan tidak diubah untuk versi Amerika, alur cerita permainan yang ditampilkan dalam manual diubah untuk versi lokalisasi Amerika. Dalam versi Jepang, pihak antagonis utama permainan diidentifikasi sebagai organisasi adidaya tak bernama yang ingin membangkitkan makhluk-makhluk asing untuk mengembangkan senjata-senjata tipe baru, sementara versi Amerika mengidentifikasikan pihak antagonis sebagai makhluk asing penyerbu yang bernama "Black Viper" (yang akan diperkenalkan kembali ke dalam seri dalam permainan Contra 4). Versi Eropa, Probotector, seperti versi lokalisasi Eropa sebelumnya, mengubah tampilan karakter utama dan tampilan beberapa musuh menjadi robot.

Operation C dimasukkan di dalam kompilasi Konami GB Collection Vol. 1 untuk Game Boy yang dirilis pada tahun 1997 di Jepang dan pada tahun 2000 di Eropa. Versi Jepang dalam kompilasi tersebut identik dengan peluncuran versi aslinya, tetapi dengan tambahan fitur gambar tampilan tepi Super Game Boy. Sementara versi permainan yang disertakan dengan kompilasi Eropa dipasarkan dengan judul Probotector, versi ini tetap menggunakan karakter manusia asli dari versi Jepang dan menambahkan fitur pendukung Game Boy Color secara penuh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Judul permainan versi Jepang ditulis dengan aksara kana, bukan dengan aksara ateji seperti permainan Contra 魂斗羅 aslinya .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]