Open Game License

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Open Game License (OGL) adalah sebuah lisensi hak cipta umum yang dapat digunakan oleh pengembang permainan saran meja yang memberikan izin untuk memodifikasi, menyalin, dan mendistribusikan beberapa konten yang dirancang untuk permainan mereka, terutama mekanika permainan.

Jenis Lisensi[sunting | sunting sumber]

Open Game Content (atau OGC)

...mekanika game, termasuk cara-cara, prosedur, proses dan rutinitas sempai sebuah titik dimana konten tidak mencangkup Product Identity dan sebuah pengembangan dari karya sebelumnya dan tambahan konten apapun yang telah di identifikasikan sebagai Open Game Content oleh sang Contributor, dan semua jenis karya yang di cangkup oleh lisensi ini, termasuk translasi dan karya turunan dibawah undang-undang hak cipta, tapi mengecualikan Product Identity....

Product Identity (atau PI)

...produk, nama produk, logo dan tanda pengenalan yang termasuk baju khas; mahluk karakter; cerita, alur cerita, tema, dialog, kejadian, bahasa, karya, simbol, desain, kemiripan, format, pose, konsep, tema dan gambar, fotografi dan representatif visual atau audio yang lain; nama dan deskripsi karakter, sihir (spells), peninggkatan (enchantments), personalitas, tim, persona, kemiripan dan kekuatan spesial; tempat, lokasi, lingkungan, mahluk, perlengkapan, kekuatan atau efek sihir atau gaib, logo, simbol, atau desain grafisl dan trademark yang lainnya...

Menggunakan Product Identity perusahaan lain dapat dihitung sebagai pelanggaran perjanjian lisensi.

Menggunakan OGL[sunting | sunting sumber]

Dengan menggunakan lisensi ini pengembang game diperbolehkan untuk menggunakan OGC mereka dan konten tambahan lain yang telah ditandakan sebagai OGC. Penggunaan ini abadi, meliput seluruh dunia, bebas royalti, dan tidak eksklusif selama penggunaan diiringi oleh sebuah copy dari OGL dengan semua hak cipta diperbarui untuk mengkredit para kontributor untuk OGC yang digunakan. Semua penggunaan OGC harus ada pemberitahuan.

Lisensi di larang untuk mendistribusi, kopi, atau menyunting sebuah PI, dan tidak boleh menggunakan nama kontributor untuk keperluan iklan, kecuali sudah ada izin dari lisensi berbeda atau sebuah perjanjian dengan pemegang PI.

Terakhir, OGL membutuhkan atribusi untuk di jaga dengan mengkopi semua pemberitahuan hak cipta dari OGC yang di kopi, sunting, maupun distribusi.