Ong Beng Seng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yang Berbahagia Dato'
Ong Beng Seng
LahirJanuari 1946 (umur 78)
Borneo Utara Britania
KebangsaanMalaysian
PekerjaanPengusaha
Suami/istriChristina Ong
Anak2

Dato' Ong Beng Seng (Hanzi: 王明星; Pinyin: Wáng Míng Xīng; lahir Januari 1946) adalah seorang pengusaha miliarder Malaysia yang tinggal di Singapura. Dia adalah pendiri organisasi Hotel Properties yang berbasis di Singapura dan pemegang saham berbagai bisnis.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ong lahir pada Januari 1946 di Borneo Utara Britania, yang sekarang disebut Sabah.[1] Ketika dia berumur empat tahun, keluarganya beremigrasi ke Singapura. Ong Beng Seng memiliki tiga saudara laki-laki, Beng Huat, Beng Lim dan Beng Min. Kariernya dimulai ketika ia bergabung dengan perusahaan asuransi kapal. Pada tahun 1975, ia bergabung dengan Kuo International, yang didirikan oleh pengusaha Peter Fu Yun Siak dan di sana ia bertemu dengan calon istrinya, Christina.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah memulai karier perdagangannya di Kuo International, Ong kemudian mendirikan perusahaannya sendiri, Hotel Properties Limited. Saat ini, dia mengendalikan banyak bisnis, termasuk beberapa yang berbasis di Jalan Bond di London, dan investasinya bernilai puluhan juta dolar. Dia adalah seorang pengusaha perhotelan yang mapan, telah membeli dan membangun banyak hotel di seluruh dunia.[2] Sebagai ketua promotor balapan GP Singapura, Ong berjasa membawa balapan Formula One ke negara tersebut; Grand Prix Singapura perdana, yang juga merupakan balapan malam F1 pertama, diadakan pada tahun 2008.[3][4] Pada 14 Juli 2023, diumumkan bahwa ia terlibat dalam kasus korupsi potensial terkait dengan Menteri Transportasi Singapura S. Iswaran, dengan pemberitahuan penangkapan yang dikeluarkan untuknya oleh Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB).[5]

Kekayaan[sunting | sunting sumber]

Pendekatan bisnis Ong adalah "membeli ketika sewa dan properti murah dan menjual ketika tidak murah".[2] Forbes memperkirakan kekayaan bersih Ong dan istrinya Christina Ong sebesar $1,75 miliar per September 2022, menjadikan mereka orang terkaya ke-24 di Singapura.[6]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Ong tinggal di Singapura bersama keluarganya. Ia menikah dengan Christina Ong (née Fu), putri seorang pengusaha; mereka memiliki seorang putri dan seorang putra. Seorang "sosok mewah di Singapura dan luar negeri", Ong digambarkan oleh Hilary Clarke di The Independent sebagai "pemalu media" dan "terkenal tertutup". Meskipun demikian, ia dikenal sangat akrab dengan banyak selebriti Hollywood.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Min, Chew Hui (14 July 2023). "The man who brought F1 to Singapore: Who is billionaire hotelier Ong Beng Seng?". CNA (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 July 2023. Diakses tanggal 14 July 2023. 
  2. ^ a b c d Clarke, Hilary (29 March 1998). "Profile: Beng Seng and Christina Ong: Asian pair sell west, buy east". The Independent. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal 24 May 2022. 
  3. ^ Wong, Shiying (14 July 2023). "Tycoon Ong Beng Seng issued notice of arrest, asked by CPIB to give info on interactions with Iswaran". The Straits Times. 
  4. ^ "Formula 1™ - the Official F1™ Website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 January 2012. Diakses tanggal 5 June 2013. 
  5. ^ "HPL billionaire boss Ong Beng Seng implicated in CPIB probe over S Iswaran, given notice of arrest and posted S$100,000 bail". TODAY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-07-14. 
  6. ^ Burgos, Jonathan (7 September 2022). "Ong Beng Seng Positions His Flagship Hotel Properties For Post-Pandemic Recovery". Forbes. Diakses tanggal 14 July 2023.