Oneiroi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Morfeus dan Iris, lukisan karya Pierre-Narcisse Guérin, 1811.

Oneiroi (bahasa Yunani: Όνειροι, mimpi) adalah para dewa mimpi dalam mitologi Yunani. Mereka ada tiga, yaitu Morfeus (ahli berubah menjadi manusia), Ikelos atau Fobetor (ahli berubah menjadi hewan), dan Fantasos (ahli berubah menjadi objek alam).[1] Dalam mitologi Romawi, jumlah mereka adalah 999 dan tiga Oneirei yang disebut di awal adalah yang paling termasyhur. Simbol mereka adalah bunga opium.

Menurut Hesiodos, Oneiroi adalah anak-anak Niks (dewi malam). Niks melahirkan mereka sendirian sehingga Oneiroi merupakan saudara Hipnos (tidur),[2] sedangkan Kikero berpendapat bahwa Oneiroi lahir dari hubungan antara Niks dan Erebos (kegelapan).[3] Ovidius sendiri menyebutkan Oneiroi sebagai putra Hipnos.

Dalam Iliad karya Homeros, seorang Oneiros (anggota Oneiroi) diperintahkan oleh Zeus untuk mendatangi Agamemnon dan menyegerakannya untuk berperang.[4]

Oneiroi tinggal di Daratan Mimpi/Dunia mimpi (Demos Oneiroi) yang terletak di dunia bawah. Tempat tersebut dekat dengan kediaman Niks (dewi malam). Ada dua gerbang di sana, yang satu dihiasi dengan gading, sedangkan satu lagi dengan tanduk. Mimpi palsu keluar dari gerbang gading, sedangkan mimpi masa depan muncul dari gerbang tanduk.[5] Statius menggambarkan para dewa mimpi berada di dekat dewa Hipnos di gua di daerah tersebut.[6]

Ada sebuah perusahaan penerbitan bernama Oneiroi Press publishes yang menerbitkan buku-buku bertema mimpi misalnya The Committee of Sleep.

Morfeus[sunting | sunting sumber]

Morfeus (bahasa Yunani: Μορφεύς, Morpheus, atau Μορφέας, Morpheas, "pembentuk mimpi") adalah pemimpin dari Oneiroi.[7] Morfeus memiliki kemampuan untuk menyamar menjadi manusia dan memasuki mimpi orang lain. Morfeus bisa menjelma menjadi siapa saja, dan samaran Morfeus hampir tak bisa dibedakan dari manusia aslinya. Morfeus juga sering mengisi mimpi para raja dan pahlawan. Morfeus terkadang ditugaskan untuk menyampaikan pesan dari para dewa lewat mimpi. Morfeus dilambangkan sebagai daimon bersayap. Obat Morfina dinamai dari namanya.

Fobetor[sunting | sunting sumber]

Fobetor ("menakutkan") adalah dewa mimpi yang memberikan mimpi buruk, dia muncul dalam mimpi sebagai hewan atau monster. Para dewa menyebutnya sebagai Ikelos. Fobetor tingga bersama kedua saudaranya di dunia mimpi. Dia menciptakan mimpi buruk untuk para manusia di bumi. Fobetor juga menciptakan sepasang monster untuk menjaga gerbang dunia mimpi dari penyusup. Kedua monster ini akan berubah menjadi hal yang menakutkan bagi penyusup.

Fantasos[sunting | sunting sumber]

Fantasos adalah dewa mimpi yang hadir dalam mimpi sebagai benda mati atau objek alam, misalnya batu, pohon, atau air.[8] Fantasos tinggal di dunia mimpi bersama saudaranya, Morfeus dan Fobetor. Jika Morfeus sedang sedang pergi ke dalam mimpi manusia, dunia mimpi untuk sementara diurus oleh Fantasos.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ovidius, Metamorphoses 11, 633-649
  2. ^ Hesiodos, Theogonia, 211–225.
  3. ^ De natura deorum, 3,17
  4. ^ Homeros, Iliad, 2, 1-35
  5. ^ Homeros, Odisseia, 24, 11-14
  6. ^ Thebaid 10, 84-117
  7. ^ Atsma, Aaron J. (2000 - 2008). "Morpheus; Greek god of dreams". Theoi Greek Mythology. Diakses 11 Desember 2010. 
  8. ^ Ovidius. Metamorphoses. Buku 11, 641.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]