On Eagle's Wings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"On Eagle's Wings" adalah sebuah kidung devolusional yang dikomposisikan oleh Michael Joncas. Liriknya berdasarkan pada Mazmur 91,[1] Kitab Keluaran 19, dan Injil Matius 13.[2] Joncas menulis karya tersebut pada 1976[3] atau 1979,[1][4] setelah ia dan temannya, Douglas Hall, pulang dari makan untuk mengetahui bahwa ayah Hall telah wafat akibat serangan jantung.[5] Kidung tersebut direkam pada 1979, dengan Douglas Hall sebagai produser, dipublikasikan oleh North American Liturgy Resources dan kemudian dibeli oleh New Dawn Music, sebuah subsidier dari Oregon Catholic Press. Lagu tersebut menjadi populer sebagai kidung kontemplatif di misa-misa Katolik serta layanan ibadah Protestan.

Lagu tersebut sekarang dinyanyikan saat pelayanan dari banyak denominasi Kristen, termasuk gereja-gereja Pentakosta, dan ditampilkan dalam sebagian besar pemakaman korban serangan 11 September 2001. Lagu tersebut sering dipentaskan pada permulaan atau akhir misa pemakaman Katolik Roma. Lagu tersebut dipentaskan di banyak misa kepausan yang disiarkan ke mancanegara, terpilih sebagai bagian dari misa pemakaman tahun 2007 untuk Luciano Pavarotti di Modena, Italia, yang juga disiarkan di mancanegara.

Presiden-terpilih Joe Biden membawa dan mengutip kidung tersebut pada pidato kemenangannya pada 7 November 2020. Ia berkata bahwa lagu tersebut berpengaruh pada keluarganya dan almarhum putranya Beau, yang meninggal akibat kanker otak pada 2015.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Dela Cruz, Darlene J.M. (December 30, 2013). "Response to 'On Eagle's Wings' over the years humbling for composer". Catholic News Service. 
  2. ^ Joncas, Michael. "On Eagle's Wings/En Sus Alas" (dalam bahasa Inggris). OCP (Oregon Catholic Press). 
  3. ^ "Plaque serves as permanent reminder of origin of beloved hymn 'On Eagle's Wings'". Omaha World-Herald. July 8, 2014. 
  4. ^ Dela Cruz, Darlene J.M. (September 13, 2013). "The composers of two much-loved hymns, performing on Oahu this month, explain how the songs came to be". Hawaii Catholic Herald. 
  5. ^ ""On Eagle's Wings": The simple origin of the song that makes the world cry". America Magazine (dalam bahasa Inggris). 2017-12-28. Diakses tanggal 2020-11-08. 
  6. ^ Subramanian, Courtney. "Biden's faith comes through in speech, quoting Catholic hymn and Bible verse". USA TODAY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-08. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]