Omek Tannou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Omek tannou atau Oumouk tangou adalah tradisi kuno Tunisia berupa doa meminta hujan yang diwarisi dari tradisi Punisia dan Berber. Tradisi tersebut saat ini telah punah.

Omek tannou diwujudkan dalam bentuk kepala patung wanita yang mirip dengan boneka perempuan. Anak-anak akan membawanya ke antara rumah-rumah selama musim kemarau sambil bernyanyi "Oumouk tango, Wahai wanita, minta kepada Tuhan agar hujan turun" ( أمك طانقو يا نساء طلبت ربي عالشتاء ). Lagu ini bervariasi sesuai dengan wilayah karena istilah chta menunjuk hujan terjadi hanya di perkotaan tertentu. Setiap ibu rumah tangga kemudian menuangkan sedikit air ke patung karena percaya bahwa air itu akan membawa hujan.

Di beberapa kota pedesaan, sebuah tongkat digunakan daripada boneka, di mana setiap wanita menempelkan pada pakaiannya dan memberikan beberapa Jelai kepada anak-anak yang pergi menyanyikan "Bouktambou" [Bentuk lain dari Oumouk tangou] beri kami jelai, maka wadah Anda akan diisi dari sumber air ( يا بو قطمبو أعطينا شعير يملا قدحكم مالغدير ).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rezgui, Sadok (1989). Les chants tunisiens. Maison tunisienne de l'édition, Tunis.