Olimpiade Internasional dalam Informatika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Olimpiade Internasional dalam Informatika (bahasa Inggris: International Olympiad in Informatics/IOI) adalah kompetisi pemrograman tahunan yang paling bergengsi bagi siswa sekolah menengah. Olimpiade ini adalah olimpiade terbesar kedua, setelah Olimpiade Matematika Internasional, dalam hal jumlah negara peserta (ada 84 negara berpartisipasi dalam IOI 2014). IOI pertama diadakan pada tahun 1989 di Pravetz, Bulgaria.

Kompetisi berlangsung selama dua hari untuk tes pemrograman komputer dan pemecahan masalah alam algoritmik. Untuk menangani masalah yang melibatkan data yang sangat banyak, tidak hanya diperlukan pemrogram, "tetapi juga pengkode yang kreatif, yang bisa memimpikan apa yang pemrogram perlu memberitahu komputer untuk melakukan sesuatu... bagian yang sulit bukanlah pemrograman, tetapi matematika di bawahnya." Siswa di IOI bersaing secara perseorangan, dengan jumlah sampai dengan empat siswa dari masing-masing negara peserta (dengan 84 negara pada tahun 2014). Siswa dalam tim nasional dipilih melalui kontes komputasi nasional, seperti Olimpiade Informatika Australia, Olimpiade Informatika Inggris, Olimpiade Komputasi India, Bundeswettbewerb Informatik (Jerman), dan Olimpiade Sains Nasional bidang Komputer (Indonesia).

International Olympiad in Informatics adalah salah satu kompetisi ilmu komputer yang paling bergengsi di dunia. UNESCO dan penyelenggara IOI, Federasi Internasional untuk Pemrosesan Informasi (IFIP) adalah mitra yang saling bekerjasama.