Oinokhoe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Permukaan oinokhoe yang dilukis oleh Pelukis Micali, k. 525–500 SM. Sekarang disimpan di Metropolitan Museum of Art.

Oinokhoe (bahasa Yunani Kuno: οἰνοχόη, translit. oinokhoē)[1] adalah kendi tembikar Yunani kuno yang biasanya untuk menyimpan anggur.[2][3][4]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama ini merupakan gabungan dari oinos (οἶνος) "anggur" + kheō (χέω) "menuangkan".[2][5][6] Istilah oinos muncul dalam bahasa Yunani Mikenai sebagai 𐀺𐀜 (wo-no) sebagai kata tersendiri, tetapi tidak dalam kata majemuk.[7]

Sejarah dan penggunaan[sunting | sunting sumber]

Oinokhoe dikenal sebagai jenis kendi dari periode Seni Geometris pada Zaman Kegelapan Yunani. Kendi ini digunakan pada perayaan tertentu, untuk mengambil anggur dari wadah dan menuangkannya ke dalam kylix atau cangkir minum lainnya.[1] Oinokhoe juga digunakan dalam upacara persembahan anggur kepada dewa-dewi, ketika digunakan untuk menuangkan anggur ke dalam fiale. Dalam penggunaannya sering muncul pada lukisan permukaan kendi.[8]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Oinokhoe mempunyai bukaan mulut berbentuk bulat, seperti paruh atau daun semanggi dan pegangan tegak lurus yang sering menjulur di atas mulut.[2][3] Berbagai jenis oinokhoe telah dibedakan dalam penelitian, berdasarkan bentuk tubuh, mulut, dan gagangnya. Jenis ketiga pada galeri sketsa di bawah ini juga dikenal dengan bentuk kendinya sendiri yang disebut khous. Oinohoe jenis kedelapan di bawah ini dapat disebut cangkir. Oinokhoe ini sangat mirip dengan olpe, yang saat ini dipisahkan menjadi bentuk wadah tersendiri.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b οἰνοχόη, ἡ in Liddell, Henry George; Scott, Robert (1940) A Greek–English Lexicon, revised and augmented throughout by Jones, Sir Henry Stuart, with the assistance of McKenzie, Roderick. Oxford: Clarendon Press. In the Perseus Digital Library, Tufts University.
  2. ^ a b c Castrén, Paavo; Pietilä-Castrén, Leena (2000). "Oinokhoe". Antiikin käsikirja (dalam bahasa Suomi). Otava. hlm. 377. ISBN 951-1-12387-4. 
  3. ^ a b c "Oinochoe, olpe and chous". Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal 20 Januari 2020. 
  4. ^ Cartwright, Mark. "A Visual Glossary of Greek Pottery". 
  5. ^ ὁ οἶνος, ὁ in Liddell, Henry George; Scott, Robert (1940) A Greek–English Lexicon, revised and augmented throughout by Jones, Sir Henry Stuart, with the assistance of McKenzie, Roderick. Oxford: Clarendon Press. In the Perseus Digital Library, Tufts University.
  6. ^ χέω in Liddell, Henry George; Scott, Robert (1940) A Greek–English Lexicon, revised and augmented throughout by Jones, Sir Henry Stuart, with the assistance of McKenzie, Roderick. Oxford: Clarendon Press. In the Perseus Digital Library, Tufts University.
  7. ^ P. G. W. Glare (ed.) (1982). Oxford Latin Dictionary (edisi ke-corrected reprint). Oxford: Oxford University Press. hlm. 2067, s.v. "vīnum". ISBN 0-19-864224-5. 
  8. ^ Patton, Kimberley Christine (2009). Religion of the Gods: Ritual, Paradox, and Reflexivity (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. hlm. 40. ISBN 0199723281. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait oinokhoe di Wikimedia Commons