Oenanthe (genus tumbuhan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oenanthe
Oenanthe crocata
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Upakerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Oenanthe

Spesies

Lihat teks

Sinonim[1]
  • Dasyloma (DC.)
  • Globocarpus (Caruel)
  • Karsthia (Raf.)
  • Oenosciadium (Pomel)
  • Phellandrium (L.)
  • Stephanorossia (Chiov.)
  • Volkensiella (H.Wolff)
  • Cyssopetalum (Turcz.)

Oenanthe[2][3][4] atau marga rumput kumbang, adalah sebuah genus tumbuhan dalam keluarga Apiaceae. Sebagian besar spesiesnya tumbuh di tanah lembab seperti di rawa-rawa atau di air.

Beberapa spesiesnya sangat beracun, dengan racun aktifnya yang bernama oenanthotoxin, terutama Oenanthe crocata yang merupakan tumbuhan paling beracun dalam genus ini. Tumbuhan tersebut hidup di tanah lembap, berawa, serta menyerupai seledri dengan akar seperti seikat wortel putih besar. Daunnya dapat dimakan dengan aman oleh hewan ternak, tetapi batangnya terlebih akarnya yang kaya karbohidrat jauh lebih beracun. Hewan yang terbiasa memakan daun dapat memakan akarnya saat terbuka selama pembersihan parit. Satu akarnya cukup untuk membunuh seekor sapi, dan kematian manusia juga diketahui.[5] Tumbuhan tersebut juga sangat berbahaya karena kemiripannya dengan beberapa tumbuhan yang dapat dimakan.[6]

Seladren (Oenanthus javanica) yang berbentuk mirip dengan Parsley jepang (Cryptotaenia japonica) dapat dimakan dan ditanam di beberapa negara di Asia Timur, serta di Italia dan India, di mana pertumbuhannya pada musim semi dinikmati sebagai sayuran.

Daftar spesies[1][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Oenanthe L". Plants of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal 21 August 2020. 
  2. ^ "Pacific Oenanthe, Oenanthe sarmentosa". calscape.org. Diakses tanggal 21 August 2020. 
  3. ^ Brouillet L, Desmet P, Coursol F, Meades SJ, Favreau M, Anions M, Bélisle P, Gendreau C, Shorthouse D, et al. (2010). "Oenanthe sarmentosa C. Presl ex de Candolle". Database of Vascular Plants of Canada (VASCAN). Diakses tanggal 21 August 2020. 
  4. ^ "Water Celery (Oenanthe javanica)". www.illinoiswildflowers.info. Diakses tanggal 21 August 2020. 
  5. ^ "Information Sheet: 31 Hemlock Water Dropwort (Oenanthe crocata)" (PDF). Centre for Ecology and Hydrology. 2005. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-02-24. Diakses tanggal September 28, 2011. Oenanthe crocata [...] is the most toxic plant in Britain to both humans and animals. 
  6. ^ Wright, John (2010), Hedgerow, Bloomsbury, hlm. 171, ISBN 978-1-4088-0185-7