Obeliai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta lokasi
Lambang

55°56′0″N 25°48′0″E / 55.93333°N 25.80000°E / 55.93333; 25.80000

Obeliai (Tentang suara ini dengarkan ) ialah sebuah kota kecil di kotamadya distrik Rokiškis, Kabupaten Panevezys, Lithuania. Di bawah kota ini ada danau.

Daerah ini dijuluki 'Swiss Kecil' karena keelokan pedalamannya dan banyaknya danau di sini.

Kota Obeliai kecil dan cukup miskin, karena adanya pengalihan jalur KA. Stasiunnya tetap di sana namun KA tak berhenti di situ lagi. Setelah KA tak berhenti lagi, penduduk kota ini dikenal oleh orang-orang di desa sekitarnya sebagai "hantu" karena pemiskinan dan isolasi mendadak di kota ini juga tekanan keuangan dan psikologi yang mendera penduduknya.

Lambang kota ini dianugerahkan pada tanggal 8 Agustus 1993. Obeliai pertama kali disebutkan pada abad ke-16 dan menerima hak kota pada tahun 1957. Kota ini tak menggunakan lambang apapun hingga lambang-lambang di atas dirancang pada tahun 1993. Liukan tajam melambangkan Sungai Kriauna, latar belakang yang perak Danau Obeliai. 3 apel yang mekar di liukan itu miring, "obelis" berarti pohon apel. Apel menjadi ekspor utama Obeliai, dengan banyak kebun buah mengelilingi kota ini. Namun industri ini telah hancur.

Pada bulan Agustus 1941, semua penduduk Yahudi Obeliai dan desa-desa di sekitarnya digiring ke Hutan Antanase oleh Nazi, disuruh menggali liang kuburnya sendiri lalu ditembak dan dikuburkan.

Sumber[sunting | sunting sumber]