Nusaniwe, Nusaniwe, Ambon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nusaniwe
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Maluku
Kota Ambon
Kecamatan Nusaniwe
Pemerintahan
 • Kepala desa -
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Nusaniwe adalah desa di Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, Indonesia.

Nusaniwe juga merupakan sebuah nama kecamatan terbesar di Kota Ambon. Desa Nusaniwe ini terdiri dari dua dusun yaitu Dusun Erie dan Dusun Airlouw.

Pusat pemerintahan desa ini berada di Dusun Erie. Letak Dusun Erie ini sangat luar biasa dengan pemandangan pantai yang sangat indah, apalagi saat matahari terbenam.

Dusun Airlouw juga merupakan dusun yang sangat indah di mana di dalamnya terdapat objek wisata Pintu Kota serta juga Pantai Felawatu yang berdekatan dengan rumah kediaman mantan Wali kota Ambon Alm. Dicky Wattimena. Di Dusun Airlouw juga terdapat suatu daerah yang memiliki keindahan alam paling eksotik yaitu "Kampung Lapang". Di mana di daerah ini terdapat suatu taman yang bernama "Goa Maria Airlouw". Di dalam ini terdapat patung-patung yang menceritakan perjalanan Yesus Kristus menuju hari sengsara-Nya. Selain Goa Maria, ada pula Air Terjun Laponot yang belum banyak mengetahui objek wisata ini. Meski jalanan yang cukup curam untuk menuju tempat ini, namun objek wisata Air Terjun Laponot ini memiliki keindahan yang luar biasa. Selain itu masih ada lagi "Taman Lapang Pohon Cinta" atau yang biasa disingkat Lapoci ini merupakan tempat menarik bagi Anda pasangan-pasangan muda yang masih pacaran untuk menikmati keindahan alam di taman ini. Dari puncak bukit taman ini, Anda dapat menyaksikan seisi Dusun Airlouw, Pantai Pintu Kota sampai dengan sebagian dari Desa Latuhalat. Di Kampung Lapang ini pula, terdapat salah satu gereja yang dirintis oleh mantan Wali kota Ambon Alm. Bpk. Dicky Wattimena, di mana gereja ini diberi nama gereja "Bukit Pengharapan". Dan di Desa Lapang ini pula terdapat gunung yang indah, dengan pemandangan alam yang menakjubkan yang diberi nama "Gunung Dua".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]