Nuri kate pusio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nuri kate pusio
Micropsitta pusio

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22684856
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPsittaciformes
FamiliPsittacidae
TribusMicropsittini
GenusMicropsitta
SpesiesMicropsitta pusio
P.L. Sclater, 1866

Nuri kate pusio (nama ilmiah: Micropsitta pusio) merupakan jenis burung yang termasuk famili/suku Psittacidae. Nuri kate pusio merupakan jenis burung dengan ukuran kecil yaitu 8 - 9 cm. Burung ini memiliki corak bulu berwarna hijau, dengan wajah berwarna coklat dan memiliki mahkota berwarna biru.[1] Nuri kate pusio memiliki paruh bengkok dan kecil. Burung ini hidup di hutan dataran rendah dan berada di kaki bukit Pulau Papua.[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Nuri kate pusio nampak seperti merangkak dan sering bergerombol. Jantan memiliki bentuk muka bungalan dan mahkota biru (pada betina lebih kusam). Remaja memiliki mahkota warna hijau dan warna kuning di bagian muka. Bulu pada bagian paha berwarna hijau kekuningan dan tungkai berwarna hitam dengan bentuk cakar tumpul.

Burung ini mencari makanan secara berpasangan atau dalam kelompok kecil di cabang-cabang dan batang pohon, biasanya di atas ketinggian 3 meter. Jenis ini menghuni hutan pamah dan tepi hutan, kadang hutan sekunder. Gerakannya tersentak-sentak dan mampu memanjat permukaan vertikal seperti burung pelatuk yang sangat kecil. Makanannya lumut kerak, jamur, dan kulit pohon. Jenis ini beristirahat pada lubang pohon yang dibentuk oleh rayap.

Ketika terbang, jenis ini berbunyi "ssiissii" terus menerus. Secara umum, saat sedang makan biasanya burung ini tenang, namun bersuara saat merespons burung lainnya. Suaranya lemah, tinggi, dan bergemerincing.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maury, Hendra K; Anggoda, Muhammad Iksan; Sangadji, Ade (2021). Panduan Lapangan Bagi Pemandu Ekowisata Burung di Papua. WWF Indonesia. hlm. 84. ISBN 9789791461924. 
  2. ^ "Nuri-kate pusio - eBird". ebird.org (dalam bahasa in). Diakses tanggal 2023-10-14. 
  3. ^ Darius Waren; Hermanus Warmetan; Sepus M. Fatem (2020-12-31). "IDENTIFIKASI BURUNG DIURNAL PADA KAWASAN HUTAN MANGROVE ORANSBARI KABUPATEN MANOKWARI SELATAN". JURNAL KEHUTANAN PAPUASIA. 6 (2): 155–171. doi:10.46703/jurnalpapuasia.Vol6.Iss2.209. ISSN 2722-6212.