Nuri hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nuri hitam
Black lory (Chalcopsitta atra), Gembira Loka Zoo, Yogyakarta 2015-03-15 03.jpg
At Gembira Loka Zoo, Yogyakarta
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. atra
Nama binomial
Chalcopsitta atra
(Scopoli, 1786)
Sinonim

Psittacus ater Scopoli, 1786

Nuri hitam (Chalcopsitta atra) merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang dapat dijumpai di Indonesia khusunya daerah timur. Burung ini salah satu dari 3 jenis burung nuri dari genus Chalcopsitta selain burung nuri coklat dan burung nuri aru.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 32 cm dan berat tubuh sekitar 230 gram sampai 260 gram. Deengan bulu yang hampir sepenuhnya berwarna hitam, ekornya panjang dan membundar. Burung-burung dari bagian barat semuanya hitam (ungu di bagian tunggir); burung-burung dari bagian timur berulas merah di pipi, bahu, paha, sayap bawah, bercampur kuning ketika terbang dan di bulu-bulu ekor.

Persebaran dan ras[sunting | sunting sumber]

Terdapat tiga subspesies yang dapat dikenali dengan pesebaran berbeda seperti :

  • C. a. bernsteini (Rosenberg, 1861) – Pulau Misool
  • C. a. atra (Scopoli, 1786) – P. Batanta, P. Salawati dan Daerah Kepala Burung bagian barat (Papua).
  • C. a. insignis (Oustalet, 1878)

Suara[sunting | sunting sumber]

Pekikan yang tinggi, lebih melengking dari nuri jenis lainnya, meskipun tidak sekeras Nuri kelam atau Perkici pelangi. Semua jenis Chalcopsitta memiliki suara yang mirip.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Makanan alami di alam liar termasuk bunga, madu, serbuk sari, buah-buahan, serangga, dan larva serangga.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Di alam liar, musim kawin nuri hitam sekitar bulan desember dengan jumlah 2 telur berwarna putih yang dierami sekitar 25 hari. Hanya betina yang mengerami tetapi sebagian besar jantan menghabiskan waktu lama di dalam sarang bersama betina. Anak nuri hitam yang baru menetas beratnya sekitar 6 gram. Mereka memiliki abu-abu keputihan atau pucat ke bawah, paruh coklat tua dan kaki lembap. Anakan nuri hitam mulai berbunyi setelah berumur sekitar 17 hari. Anakan nuri hitam mulai mandiri sekitar berumur 6 sampai 8 minggu. Anak muda diberi makan oleh orang tua selama sekitar 2 minggu setelah mereka meninggalkan sarang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Chalcopsitta atra". 2016: e.T22684488A93032251. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22684488A93032251.en.