Novinta Dhini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Novinta Dhini
Nama lahir Novinta Dhini Soetopo
Nama lain Novinta
Nobi
Nobi-chan
Lahir 26 November 1995 (umur 21)
Bendera Indonesia Denpasar, Bali
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Tempat kota Bendera Indonesia Denpasar, Bali
Pekerjaan pemeran, penyanyi, penari
Tahun aktif 2012 - sekarang

Novinta Dhini (lahir di Denpasar, 26 November 1995; umur 21 tahun) adalah artis dan penyanyi Indonesia, dan juga mantan anggota JKT48 yang berasal dari Denpasar, Indonesia. Novinta merupakan anggota Generasi 2 JKT48, yang resmi menjadi anggota team KIII pada tanggal 18 Mei 2014.[1] Novinta pernah menjadi anggota Generasi 2 JKT48 yang berasal dari Bali hingga lulus pada 17 Agustus 2015 dalam acara "JKT48 Kibouteki Refrain Handshake Festival".

Novinta mempunyai impian menjadi entertainer nomor 1 di Indonesia sejak dari kecil.[2] Ia telah aktif mengikuti sanggar sejak kecil, beberapa drama musikal dan mengikuti kelas modelling hingga beberapa saat sebelum audisi terbuka Generasi 2 JKT48 dibuka. Novinta pernah belajar membuat Video selama 2 tahun dan belajar bermain piano selama 4 tahun.[2] Bagi Novinta, dengan dibukanya audisi generasi ke 2 JKT48 merupakan kesempatan yan baik baginya untuk menjadi artis.[2] Novinta juga mempunyai cita-cita untuk bisa tampil di Broadway. Demi mewujudkan impiannya tersebut Novinta kini sedang belajar ilmu seni pertunjukan. Kalimat perkenalan Novinta: "From Bali with love, selalu percaya diri dan optimis, namaku Nobi."

Karier[sunting | sunting sumber]

Tahun 2012[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2012, Novinta lolos Audisi Generasi 2 JKT48 bersama 30 anggota lainnya dan resmi menjadi siswi pelatihan JKT48.[3]

Tahun 2013[sunting | sunting sumber]

Novinta memulai debut teater pertamanya pada bulan Januari 2013. Dengan menampilkan setlist Pajama Drive, Novinta membawakan unit song Temodemo no Namida (Air Mata Perasaan Yang Tak Tersampaikan). Show Pajama Drive berakhir pada bulan Mei 2013.

Pada bulan Mei 2013, siswi pelatihan generasi ke 2 JKT48 mendapat kesempatan untuk membawakan setlist Boku no Taiyou (Matahari Milikku). Pada akhir bulan Juni 2013, di mana pertunjukkan Boku no Taiyou masih berlangsung, 18 anggota siswi pelatihan generasi ke 2 di promosikan ke tim KIII. Novinta adalah salah satu dari 10 anggota siswi pelatihan yang tidak terpilih dan masih berstatus siswi pelatihan.

Sebagai siswi pelatihan, Novinta turut mengisi setlist Tim J dan Tim KIII.

Tahun 2014[sunting | sunting sumber]

Saat di adakan Flying Get Handshake Festival, setelah kurang lebih selama enam belas bulan Novinta menjadi siswi pelatihan. Pada bulan Mei 2014, Novinta bersama ke 4 anggota siswi pelatihan generasi 2 mendapatkan promosi di akhir acara. Novinta di promosikan ke tim KIII bersama Sisil, Shafa dan Saktia, sedangkan Dena dipromosikan ke tim J menyusul Vanka dan Rachel yang telah dipromosikan ke tim J beberapa bulan sebelumnya.

Pada bulan Agustus 2014, Miyamoto Amon mengadakan audisi bagi AKB48 Groups untuk mencara pemeran tokoh utama Dorothy Gale pada drama musikal "The Wiz". Novinta adalah salah satu dari tiga member JKT48 yang lolos audisi tahap pertama yang dilakukan di Jakarta. Audisi tahap kedua dilakukan di Jepang dan ditayangkan pada serial tv "AKBINGO!". Member JKT48 yang lolos pada tahap ini adalah Haruka, sedangkan Novinta dan Chikarina gagal. Novinta gagal dikarenakan bahasa yang digunakan pada drama ini adalah bahasa Jepang, sedangkan Novinta adalah member asal Indonesia. Itulah yang membuat Miyamoto Amon merasa sedikit khawatir. Meskipun gagal, Novinta mendapat pesan khusus dari Miyamoto Amon bahwa Novinta adalah peserta audisi yang memiliki suara terbaik dan ia meyakinkan Novinta untuk terus percaya diri akan potensi yang ia miliki.

Sub Unit[sunting | sunting sumber]

Novinta bersama Rona dan Nadila memulai debut sebuah sub unit dengan sebutan "RoNoNad" atau Trois untuk pertama kalinya dengan menyanyikan lagu "I Really Like You" oleh Carly Rae Jepsen dalam acara "JKT48 Pareo wa Emerald Handshake Festival" pada 16 Mei 2015. Namun sayangnya, sub unit itu dibubarkan karena Novinta memutuskan untuk lulus dari JKT48.

Pengunduran Diri[sunting | sunting sumber]

Pada akhir Juni 2015, Novinta harus meinggalkan atau mengumumkan kelulusan dari JKT48, karena tugas kuliahnya yang ditempuh. Pada tanggal 17 Agustus 2015 (bertepatan sebagai Hari Kemerdekaan RI yang ke-70 tahun) dalam acara "JKT48 Kibouteki Refrain Handshake Festival", Novinta akhirnya resmi keluar dari JKT48, yang telah ditentukan oleh JOT (JKT48 Operation Team) pada waktu itu (16 Agustus 2015).

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

  1. Dalam River
  2. Dalam Gingham Check
  3. Dalam Kokoro no Placard (Papan Penanda Isi Hati)
    • Lucky Seven bersama anggota Team KIII
  4. Dalam Kaze wa Fuiteiru (Angin Sedang Berhembus)
  5. Dalam Pareo wa Emerald (Pareo Adalah Emerald)
    • Bara no Kajitsu (Buah Mawar) bersama Under Girls

Lagu Unit Pertunjukan Teater[sunting | sunting sumber]

JKT48 2nd Generation Research Student "Pajama Drive"[sunting | sunting sumber]

  1. "Temodemo no Namida (Air Mata Perasaan yang Tak Tersampaikan)"

Team KIII 2nd Stage "Seishun Girls (Gadis-Gadis Remaja)"[sunting | sunting sumber]

  1. "Ame no Doubutsuen (Kebun Binatang di Saat Hujan)"
  2. "Blue Rose"
  3. "Kinjirareta Futari (Dua Orang Yang Terlarang)"

Partisipasi Sebagai Trainee[sunting | sunting sumber]

Team J 1st Stage "Renai Kinshi Jourei (Aturan Anti Cinta)"

  1. "Manatsu no Christmas Rose" (Mawar Natal Musim Panas)

Team KIII 1st Stage "Boku no Taiyou (Matahari Milikku)

  1. "Itoshisa no Defense" (Pertahanan Cinta)
  2. "Higurashi no Koi" (Cinta Jangkrik)
  3. "Himawari" (Bunga Matahari)

Team J 2nd Stage "Dareka no Tame ni (Untuk Seseorang)"

  1. "Nage Kissu de Uchi Otose" (Jatuhkan dengan Kiss Bye)
  2. "Rider"

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Iklan[sunting | sunting sumber]

  • Yupi
  • Cap Kaki Tiga rasa buah
  • Kacang Garuda

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pengumuman Promosi Member. JKT48 Official Website. Diakses 2014-05-20
  2. ^ a b c JKT48 Project (2013) "2nd Official Guide Book "LOVE JKT48" Halaman 104
  3. ^ 2nd Generation. JKT48 Official Website. Diakses November 2012

Pranala luar[sunting | sunting sumber]