Normalisasi (Cekoslowakia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam sejarah Cekoslowakia, normalisasi (bahasa Ceska: normalizace, bahasa Slowakia: normalizácia) adalah nama yang biasa diberikan pada periode setelah invasi Pakta Warsawa ke Cekoslowakia pada Agustus 1968 dan hingga era liberalisasi glasnost yang dimulai di Uni Soviet dan negara-negaranya. negara-negara tetangga pada tahun 1987. Itu ditandai dengan pemulihan kondisi yang berlaku sebelum periode reformasi Musim Semi Praha yang dipimpin oleh Sekretaris Pertama Alexander Dubček dari Partai Komunis Cekoslowakia (KSČ) pada awal tahun 1968 dan selanjutnya mempertahankan status quo baru. Beberapa sejarawan mencatat periode sejak penandatanganan Protokol Moskwa oleh Dubček dan para pemimpin Cekoslowakia lainnya yang dipenjarakan pada 26 Agustus 1968,[1] sementara yang lain menghitungnya sejak penggantian Dubček oleh Gustáv Husák pada 17 April 1969, diikuti dengan normalisasi resmi kebijakan yang disebut sebagai Husakisme. Kebijakan tersebut berakhir dengan pencopotan Husák sebagai pemimpin Partai pada 17 Desember 1987, atau dengan dimulainya Revolusi Beludru pada 17 November 1989, yang akan menyebabkan pengunduran diri seluruh pimpinan Partai Komunis dalam waktu seminggu dan berakhirnya kekuasaan Komunis di Cekoslowakia.

1969–1971 (Menghapus reformasi dan reformis)[sunting | sunting sumber]

Ketika Husák menggantikan Dubček sebagai pemimpin Partai Komunis Cekoslowakia (KSČ) pada April 1969, rezimnya bertindak cepat untuk 'menormalkan' situasi politik negara. Tujuan utama normalisasi Husák adalah pemulihan kekuasaan partai yang tegas dan pembentukan kembali status Cekoslowakia sebagai anggota setia blok sosialis. Proses normalisasi melibatkan lima langkah yang saling terkait:

  • konsolidasikan kepemimpinan Husák dan singkirkan para reformis dari posisi kepemimpinan;
  • mencabut atau mengubah undang-undang yang diberlakukan oleh gerakan reformasi;
  • membangun kembali kontrol terpusat atas ekonomi;
  • mengembalikan kekuatan otoritas polisi; Dan
  • memperluas hubungan Cekoslowakia dengan negara-negara sosialis lainnya.

Dalam seminggu mengambil alih kekuasaan, Husák mulai mengkonsolidasikan kepemimpinannya dengan memerintahkan pembersihan besar-besaran kaum reformis yang masih menduduki posisi kunci di media massa, peradilan, organisasi sosial dan massa, organ partai yang lebih rendah, dan, terakhir, tingkat tertinggi KSČ. Pada musim gugur 1969, dua puluh sembilan kaum liberal di Komite Sentral KSČ digantikan oleh kaum konservatif. Di antara kaum liberal yang digulingkan adalah Dubček, yang dikeluarkan dari Presidium (tahun berikutnya Dubček dikeluarkan dari partai; dia kemudian menjadi pejabat kecil di Slovakia, di mana dia masih tinggal pada tahun 1987). Husák juga mengkonsolidasikan kepemimpinannya dengan menunjuk saingan potensial untuk posisi pemerintahan baru yang dibuat sebagai hasil dari Undang-Undang Federasi Cekoslowakia tahun 1968 (yang menciptakan Republik Sosialis Ceko dan Republik Sosialis Slovakia).

Setelah mengkonsolidasikan kekuasaan, rezim bergerak cepat untuk menerapkan kebijakan normalisasi lainnya. Dalam dua tahun setelah invasi, kepemimpinan baru mencabut beberapa undang-undang reformis (seperti Undang-Undang Front Nasional dan Undang-Undang Pers) dan tidak menegakkan undang-undang lainnya. Ini mengembalikan perusahaan ekonomi, yang telah diberi kemandirian substansial selama Musim Semi Praha, ke kontrol terpusat melalui kontrak berdasarkan perencanaan pusat dan kuota produksi. Itu mengembalikan kontrol polisi yang ekstrim, sebuah langkah yang tercermin dalam perlakuan kasar terhadap para demonstran yang menandai peringatan pertama intervensi Agustus.

Akhirnya, Husák menstabilkan hubungan Cekoslowakia dengan sekutunya dengan sering mengatur pertukaran dan kunjungan intrablok dan mengarahkan kembali ikatan ekonomi luar negeri Cekoslowakia menuju keterlibatan yang lebih besar dengan negara-negara sosialis.

Pada Mei 1971, Husák dapat melaporkan kepada delegasi yang menghadiri Kongres Partai Keempat Belas yang disetujui secara resmi bahwa proses normalisasi telah diselesaikan dengan memuaskan dan Cekoslowakia siap untuk melanjutkan ke bentuk sosialisme yang lebih tinggi.

1971–1987 (Melestarikan status quo)[sunting | sunting sumber]

warga Cekoslowakia pada 1972.

Metode Partai Komunis Cekoslowakia (KSČ) di bawah pemerintahan Husák umumnya disimpulkan sebagai 'teror yang enggan.' Ini melibatkan kepatuhan yang cermat terhadap tujuan kebijakan Uni Soviet dan penggunaan apa yang dianggap sebagai jumlah minimum represi di rumah diperlukan untuk memenuhi tujuan ini dan mencegah kembalinya gaya Dubček reformisme. Hasilnya adalah sebuah rezim yang, meski tidak sepenuhnya kembali ke Stalinisme, juga jauh dari liberal.

Keanggotaan Presidium KSČ tidak banyak berubah setelah tahun 1971. Kongres Partai Keenam belas pada tahun 1981 memilih kembali anggota Presidium dan Sekretariat yang sedang menjabat dan mengangkat satu calon anggota, Miloš Jakeš, menjadi anggota penuh Presidium. Kongres Partai Ketujuh Belas pada tahun 1986 mempertahankan Sekretariat dan Presidium yang sedang menjabat dan menambahkan tiga calon anggota Presidium. Pada bulan Maret 1987, Josef Korčák pensiun dari Presidium dan digantikan oleh Ladislav Adamec. Pada saat yang sama, Hoffman, seorang anggota Presidium, juga diangkat menjadi sekretaris Komite Sentral. Pada bulan Desember 1987, Husák terpaksa pensiun, dan Jakeš menjadi sekretaris jenderal KSČ.

Kontrol rakyat selama era ortodoksi ini dipertahankan melalui berbagai cara. Penangkapan dan pemenjaraan berulang kali terhadap orang-orang yang menentang rezim, seperti anggota Piagam 77 dan aktivis keagamaan, berlanjut sepanjang tahun 1970-an hingga 1980-an. Kontrol yang kurang koersif, seperti hukuman melalui kehilangan pekerjaan, penurunan pangkat, penolakan pekerjaan, penolakan kesempatan pendidikan, pembatasan perumahan, dan penolakan untuk mengabulkan permintaan perjalanan, juga berlaku. Tingkat represi meningkat selama bertahun-tahun ketika Husák tumbuh lebih konservatif, dan dalam bidang budaya kadang-kadang mendekati tingkat yang terlihat di era Erich Honecker di Jerman Timur dan bahkan Nicolae Ceauşescu di Rumania.

Cara lain yang digunakan rezim Husak untuk mempertahankan kendali adalah menawarkan keuntungan konsumen yang cukup besar sebagai pengganti hilangnya kebebasan pribadi. Kebijakan pemerintah pada paruh pertama tahun 1970-an menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan peningkatan konsumsi pribadi yang besar. Ketersediaan barang-barang material yang tersebar luas menenangkan masyarakat umum dan mendorong penerimaan secara keseluruhan atas kontrol politik Husák yang ketat. Namun, selama akhir 1970-an, ekonomi Cekoslowakia mulai stagnan, dan kemampuan rezim untuk menenangkan penduduk dengan memberikan keuntungan materi berkurang.

Meskipun rezim Husák berhasil mempertahankan status quo di Cekoslowakia selama hampir dua dekade, tahun 1980-an membawa tekanan internal dan eksternal untuk melakukan reformasi. Di dalam negeri, kinerja ekonomi yang buruk menghambat kemampuan pemerintah untuk memproduksi barang-barang yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan konsumen. Tekanan untuk perubahan politik berlanjut dari para aktivis yang mewakili, misalnya Gereja Katolik Roma dan gerakan Piagam 77. Secara eksternal, Cekoslowakia berjuang untuk menemukan tanggapan yang sesuai terhadap perubahan yang diperkenalkan oleh kepemimpinan baru di Moskow di bawah Mikhail Gorbachev. Tanggapan awal Cekoslowakia (1985–1987) terhadap tren reformis di Uni Soviet berfokus pada menyuarakan dukungan publik untuk program baru Gorbachev sementara tetap menghindari memperkenalkan program serupa di Cekoslowakia. Pada bulan April 1987, Husák akhirnya mengumumkan program reformasi setengah hati yang dimulai pada tahun 1991, namun sudah terlambat.

Secara Personal[sunting | sunting sumber]

Ciri luar biasa dari kepemimpinan KSČ di bawah Husák adalah tidak adanya perubahan personel yang signifikan. Stabilitas kepemimpinan selama akhir 1970-an dan paruh pertama 1980-an tidak dapat dikaitkan dengan kebulatan suara dalam opini politik, melainkan pada kompromi praktis di antara berbagai faksi yang bersaing untuk mempertahankan posisi kepemimpinan mereka. Kepemimpinan Husák, kemudian, tidak didasarkan pada kemampuan apa pun yang mungkin dia miliki untuk mengumpulkan pendapat, melainkan pada keahliannya dalam mengamankan konsensus yang menjadi kepentingan bersama dari koalisi para pemimpin partai. Setelah invasi tahun 1968, Husák berhasil menguasai apa yang pada dasarnya merupakan koalisi dari faksi konservatif dan garis keras dalam kepemimpinan partai puncak.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Tujuan resmi normalisasi (dalam arti sempit) adalah pemulihan pemerintahan KSČ yang tegas dan pendirian kembali posisi Cekoslowakia di blok sosialis. Hasilnya, bagaimanapun, adalah lingkungan politik yang menempatkan penekanan utama pada pemeliharaan kepemimpinan partai yang stabil dan kontrol yang ketat atas penduduk.

Reaksi[sunting | sunting sumber]

Tidak adanya dukungan rakyat untuk kepemimpinan Husák merupakan reaksi yang tak terelakkan terhadap kebijakan represif yang dilembagakan selama proses normalisasi. Upaya pasca-invasi awal untuk mempertahankan semangat Musim Semi Praha dibatalkan melalui serangkaian uji coba subversi pada tahun 1972 yang menyebabkan hukuman penjara mulai dari sembilan bulan hingga enam setengah tahun bagi para pemimpin oposisi. Warga negara Cekoslowakia yang berusia di atas lima belas tahun diharuskan membawa buku identifikasi kecil berwarna merah, yang berisi serangkaian informasi tentang individu tersebut dan sejumlah halaman yang harus dicap oleh pemberi kerja, pejabat kesehatan, dan otoritas lainnya. Semua warga juga memiliki file permanen di kantor komite lingkungan KSČ lokal mereka, satu lagi di tempat kerja mereka, dan satu lagi di Kementerian Dalam Negeri.

Sikap paling umum terhadap aktivitas politik sejak invasi Pakta Warsawa 1968 adalah sikap apatis, pasif, dan melarikan diri. Sebagian besar, warga Cekoslowakia mundur dari perhatian politik publik selama tahun 1970-an untuk mengejar kesenangan pribadi konsumerisme. Individu mencari barang-barang material yang tetap tersedia selama tahun 1970-an, seperti mobil baru, rumah pedesaan, peralatan rumah tangga, dan akses ke acara olahraga dan hiburan. Selama tuntutan konsumen ini dipenuhi, sebagian besar penduduk mentolerir iklim politik yang stagnan.

Gejala lain dari kelesuan politik selama tahun 1970-an adalah munculnya berbagai bentuk perilaku antisosial. Pencurian kecil-kecilan dan penghancuran properti publik dilaporkan terjadi secara meluas. Alkoholisme, yang sudah pada tingkat yang mengkhawatirkan para pejabat, meningkat; ketidakhadiran dan menurunnya disiplin pekerja mempengaruhi produktivitas; dan emigrasi, ekspresi keterasingan tertinggi, melampaui 100.000 selama tahun 1970-an.

Neonormalisasi[sunting | sunting sumber]

Filsuf Ceko Václav Bělohradský dan Stanislav Komárek menggunakan istilah 'neonormalisasi' (neonormalizace) untuk tahap masyarakat Ceko pada periode pasca-komunis, yang dibandingkan dengan kelambanan dan kemunafikan tahun 1970-an dan 1980-an.

Bělohradský dalam bukunya Společnost nevolnosti (Slon, 2007) menyebut 'neonormalisasi' arah sejak 1992 bahwa semua opini alternatif didesak, budaya bergeser ke tempat sampah penghibur, selanjutnya pendalaman demokrasi diblokir, publik luar angkasa penuh dengan ideologi sayap kanan dan Republik Ceko berpartisipasi dalam segala macam perang jahat.

Komárek, seorang filsuf dan ahli biologi, dalam banyak artikelnya sejak 2006[2] mempopulerkan pendapatnya bahwa dalam tahap perkembangan masyarakat tertentu, aspek administratif dan formalistik (atau 'kekuatan orang biasa-biasa saja') melebihi akal sehat, kreativitas, dan utilitas.[3] Tekanan untuk menyesuaikan diri semakin meningkat dan setiap orang diwajibkan untuk "menjual jiwanya" untuk mengikuti struktur sosial.[4] Periode neonormalistik di Republik Ceko ini dimulai 'setelah 20 tahun kebebasan', artinya sekitar tahun 2010, menurut pandangan Komárek.[4]

Istilah ini dibahas dan digunakan oleh banyak penulis lain.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Studi negara

  1. ^ "'Normalization' (Normalizace)", in Historical Dictionary of the Czech State, by Rick Fawn and Jiří Hochman (Rowman & Littlefield, 2010) pp. 173–174.
  2. ^ Stanislav Komárek: "Neonormalizace", Dalam: Vesmír 85, No. 9, 2006, hal. 565.
  3. ^ .ihned.cz/c1-40823180-prezimovani-aneb-jak-prezit-temnoty Stanislav Komárek: Přezimování aneb Jak přežít temnoty, Hospodářské noviny, 2 Maret 2010
  4. ^ a b Zdeněk Mihalco: Žijeme opět v normalizaci, byť se Seychelami a mangem, wawancara dengan Stanislav Komárek, Aktuálně.cz, 24 April 2010
  5. ^ e. G. Martin Škabraha: (Neo)normalizace, Britské listy, 27 Juli 2010

Templat:Musim Semi Praha