Nokia 3330

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nokia 3330
Pembuat Nokia
Jaringan GSM
Dimensi 113x48x22 mm
Berat 133 g 2213
Memori tidak ada
Kartu memori tidak ada
Baterai 900 mAh Li-Ion
Layar monochrome display, 84 x 48 piksel
Kamera tidak arda
Kamera kedua tidak ada
Nada dering monofonik

Nokia 3330 adalah sebuah telepon genggam GSM 900/1800, dengan antena dalam, keluaran Nokia. Telepon genggam ini diluncurkan pada tahun 2001 untuk melengkapi fitur Nokia 3310 yang sejenis. Tapi pada kenyataannya Nokia 3310, yang diluncurkan setahun lebih awal, yang menjadi pesaing produk ini di pasar telepon genggam khususnya di Indonesia. Kesamaan desain bentuk luar, fitur yang nyaris menyerupai, dan harga yang lebih murah karena lebih dahulu diluncurkan menjadi beberapa faktor yang menyebabkan Nokia 3310 tetap bersaing dengan Nokia 3330.

Desain[sunting | sunting sumber]

Nokia 3330 memiliki berat 133g, sudah termasuk baterai dengan ukuran standar. Selain itu, meski tidak dijual di pasar Indonesia, ada juga tipe Nokia 3330 yang dibuat lebih ringan dengan berat 108g, sudah termasuk baterai dengan spesifikasi dan berat yang dibuat berbeda dari baterai ukuran standar. Ukuran keseluruhannya adalah 113 x 48 x 22 mm. Layarnya memiliki 84 x 48 piksel dengan tampilan warna hitam putih. Tombol utama dari Nokia tipe ini adalah tombol biru di bagian tengah telepon genggam yang berfungsi untuk masuk ke menu. Tombol ‘C’ berfungsi untuk menghapus atau membatalkan perintah. Tombol atas dan bawah berfungsi untuk navigasi. Untuk menyalakan atau mematikan telepon genggam ini, digunakan tombol hitam yang terletak di bagian atas. Desain kerangka luarnya dapat diganti dengan berbagai macam model yang dikeluarkan berbagai macam perusahaan penghasil aksesoris telepon genggam. Desain tombol nomornya dibuat standar telepon genggam jenis Nokia yakni tombol 1, 2 (a,b,c), 3(d,e,f) dibuat paling atas; lalu dilanjutkan dengan tombol 4(g,h,i), 5(j,k,l), 6(m,n,o) di bawahnya; lalu 7(p,q,r,s), 8(t,u,v), 9(w,x,y,z); dan terakhir *(+,p,w), 0(jarak), #.

Daya Tahan Baterai[sunting | sunting sumber]

Dengan baterai 900 mAh Li-Ion, masa aktif telepon genggam ini adalah maksimal 260 jam, sedangkan jika digunakan untuk menelepon, masa aktifnya menjadi maksimal 4 jam 30 menit. Untuk pengisian ulang baterai, dengan tipe pengisi baterai ACP-7 diperlukan waktu 4 jam. Sementara dengan tipe pengisi baterai ACP-8 diperlukan waktu 2 jam untuk mengisi penuh baterai.

Dengan baterai 1000 mAh Li-Ion yang memiliki berat lebih ringan, masa aktifnya adalah maksimal 260 jam, dan jika dipakai untuk menelepon, masa aktifnya menjadi maksimal 4 jam 45 menit. Untuk pengisian ulang baterai, dengan tipe ACP-7, diperlukan waktu 4 jam 30 menit. Sementara untuk tipe ACP-8 diperlukan waktu minimal 3 jam.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Fitur yang ditawarkan oleh Nokia 3330 adalah pengingat waktu, yang tetap bisa berfungsi saat telepon genggam dalam keadaan mati, kalkulator, permainan (Snake II, Pairs II, Space Impact, Bantumi, dan Bumper), dan permainan lain yang dapat diunduh dengan WAP 1.1 (II mazes, Bumper tables, Space Impact chapters) gambar bergerak, logo di layar utama, dan lain sebagainya. Selain itu, servis WAP ini juga dapat digunakan untuk keperluan perbankan, dan hiburan-hiburan lainnya, tetapi dalam telepon genggam ini pembukaan situs internet secara HTML, belum bisa dilakukan. Fitur penyimpan nomor telepon di dalam telepon genggam dapat menampung 100 nomor, ditambah 250 nomor telepon yang dapat disimpan di kartu SIM (sesuai dengan spesifikasi kartu SIM yang dipakai).

Nokia 3330 ini dilengkapi juga dengan fitur pesan singkat yang bisa memungkinkan penulisan 3 kali lebih banyak daripada pesan singkat pada telepon genggam lain. Pengiriman pesan bergambar dapat juga dilakukan pada telepon genggam ini. Fitur chat merupakan salah satu fitur baru di Nokia jenis ini, yang memungkinkan pengguna bercakap-cakap dengan pengguna lain melalui tulisan atau teks. Telepon genggam ini dapat pula melakukan panggilan secara konferensi terhadap maksimal 6 pengguna lain dalam waktu yang sama.

Nokia 3330 memiliki 35 nada dering monofonik yang sudah ada di dalamnya dan dapat ditambahkan dengan 7 nada dering lagi yang bisa diunduh atau dengan membuat sendiri melalui menu komposer. Tingkat kekerasan suaranya saat ada panggilan masuk entah telepon ataupun pesan singkat berada dalam tingkat 0-10. Menu profil dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan pengguna. Misalnya saat kita sedang rapat dan tidak memungkinkan telepon genggam mengeluarkan dering saat ada panggilan yang dapat mengganggu jalannya rapat, kita dapat mengaturnya dan nanti hanya perlu memilih profil tersebut.

Aksesoris Tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Pengisi ulang baterai
  • Pengisi ulang baterai saat berada di mobil
  • Pengisi ulang baterai dengan menggunakan komputer atau komputer jinjing
  • Sarung pelindung kerangka luar
  • Pelindung layar terhadap goresan
  • Handsfree (sambungan telinga dengan telepon genggam tanpa perlu memegang telepon genggam tersebut)
  • Penyangga telepon genggam untuk diletakkan di mobil

Perawatan[sunting | sunting sumber]

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat telepon genggam Nokia 3330 ini, yakni :

  • Jangan diletakkan di tempat yang terlalu panas atau terlalu lembap
  • Jangan terkena cairan kimia keras
  • Bagian dalam jangan sampai terkena air
  • Jangan mencoba untuk membuka isi telepon genggam tanpa keahlian khusus
  • Meski dibuat kuat, benturan yang terlalu keras dapat juga merusak bagian dalam telepon genggam
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak di bawah umur
  • Gunakan pengisi baterai, dan aksesoris telepon genggam lainnya yang sesuai

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Lindholm, Christian, dkk. How Nokia changed the face of the mobile. McGraw-Hill Professional. 2003
  2. Häikiö, Martti. The Nokia Revolution. Ufuk Publishing House

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. http://www.nokia.co.uk/find-products/all-phones/nokia-3330/technical-specifications
  2. http://www.bluejackq.com/3330.shtml
  3. http://www.mobilephonecrazy.com/model/3330.htm