Noclip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Noclip adalah perusahaan media berdana massa yang berdedikasi untuk membuat dokumenter permainan video. Didirikan oleh Danny O'Dwyer, seorang jurnalis permainan video dan produser dokumenter, pada tahun 2016, dan sepenuhnya didanai melalui sumbangan Patreon.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum memulai Noclip, O'Dwyer mendapat pengakuan melalui karyanya sebagai pembawa acara dan produser di situs web permainan video GameSpot, di mana ia menjadi pembawa acara untuk program-program seperti Escape from Mount Stupid, Random Encounter, The Point, dan The Lobby.[1] Ia dinominasikan sebagai Trending Gamer of the Year di The Game Awards 2016.[2]

Pada 5 September 2016, O'Dwyer membuat saluran YouTube untuk Noclip, merilis cuplikan pada 12 September 2016. Dalam cuplikannya, ia mengatakan bahwa "para gamer layak mendapatkan media yang mencerminkan hasrat kita, pers yang menggunakan aksesnya untuk menceritakan kisah tentang bagaimana permainan dibuat, orang-orang yang memainkannya, dan cara mereka memengaruhi kehidupan kita—kisah yang membuat kita bangga menjadi gamer. Nama perusahaan ini berasal dari "Noclip mode", trik permainan video yang memungkinkan pemain berjalan melalui dinding. O'Dwyer berkata: "Dengan [Noclip] kita akan berjalan melalui dinding-dinding permainan dan melihat ke sisi lain.

O'Dwyer terinspirasi menggunakan pendanaan melalui kerumunan daripada model iklan tradisional kebanyakan situs web permainan video karena ia percaya bahwa fokus pada klik telah mempengaruhi kualitas jurnalisme permainan. Dalam sebuah video Desember 2016, ia mengatakan, "Saya ingin satu-satunya hal yang penting dalam liputan permainan adalah kualitas video, kualitas pekerjaan."[3] Noclip diluncurkan melalui kampanye Patreon dan didukung sepenuhnya melalui crowdfunding; pada tahun 2019 lebih dari 5.000 patron menyumbang lebih dari $23.000 USD per bulan.[4]

Pada tahun 2023, O'Dwyer dihubungi oleh sebuah perusahaan media berbasis di San Francisco tentang sejumlah pita video yang dimiliki perusahaan tersebut tetapi hendak dibuang. O'Dwyer mendapatkan kembali kotak-kotak itu, menemukan bahwa mereka berisi berbagai media permainan video dari akhir 1990-an hingga 2010, seperti konferensi E3, cuplikan permainan, dan rekaman perilisan permainan awal, sebagian besar belum pernah tersedia di YouTube atau situs video lainnya. O'Dwyer dan yang lainnya di NoClip memulai proyek untuk menangkap secara digital pita-pita tersebut dan membuatnya tersedia melalui saluran YouTube NoClip dan Internet Archive.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Farewell Danny O'Dwyer". Gamespot. CBS Interactive. Diakses tanggal 8 Desember 2016. 
  2. ^ "2016 Game Award Nominees". Nominees - The Game Awards. The Game Awards. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Januari 2017. Diakses tanggal 8 December 2016. 
  3. ^ O'Quinn, Bronson (2016-12-12). "Danny O'Dwyer on the Problems with Games Journalism". Maze Rats. Diakses tanggal 2016-12-14. 
  4. ^ Webster, Andrew (5 April 2019). "Noclip makes long-form gaming documentaries that break nearly every YouTube rule". The Verge. Diakses tanggal 9 April 2019. 
  5. ^ Richardson, Tom (July 10, 2023). "Video games: YouTube channel NoClip rescues tapes from landfill". BBC News. Diakses tanggal 22 Juli 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]