Nimki Mukhiya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nimki Mukhiya
GenreDrama
PembuatZama Habib
Ditulis olehZama Habib
SutradaraRakesh Kumar Inder Das
Pengarah kreatifManjari Mukul
PemeranBhumika Gurung
Abhishek Sharma
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode598
Produksi
ProduserZama Habib
Ishrat Ara
PenyuntingMasih Habib
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi20–22 menit
Rumah produksiQissago Telefilms LLP
Rilis asli
JaringanStar Bharat
Rilis28 Agustus 2017 (2017-08-28) –
10 Agustus 2019 (2019-08-10)
Acara terkait
Nimki Vidhayak

Nimki Mukhiya adalah sebuah televisi drama India yang tayang perdana pada 28 Agustus 2017 di Star Bharat. Diproduksi oleh Zama Habib, dibintangi oleh Bhumika Gurung dan Abhishek Sharma.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ceritanya, berlatarkan sebuah desa kecil di Bihar, berkisah tentang kehidupan Nimki, seorang gadis materialistis yang periang yang secara tidak sengaja menjadi Mukhiya (kepala) desa. Nimki tergila-gila pada sinema, seorang pemimpi dan tidak menyadari kegelapan dunia. Tetar singh ayah Babbu terobsesi dengan kekuasaan sehingga dia meyakinkan Nimki bahwa babbu jatuh cinta dengan Nimki. Nimki mencintai Babbu dan dia yakin Babbu juga mencintainya.

Setelah menjadi kepala desa, Nimki menikah dengan Babbu Singh, putra Tetar Singh, mantan kepala desa. Niat Tetar menjadikan Nimki sebagai menantunya adalah untuk memenuhi ambisi politiknya tetapi tidak ada seorang pun di keluarga Babbu yang menerima Nimki. Mereka menempatkannya di kamar pembantu dan memperlakukannya seperti itu. Namun Nimki yakin keluarga Tetar akan mencintainya suatu hari nanti. Setelah banyak kejadian, Sweety, saudara perempuan Babbu berteman dengannya. Sementara itu, Sweety jatuh cinta pada BDO Abimanyu Rai. Namun Abimanyu diam-diam mencintai Nimki dan dia tidak bisa mengungkapkan cintanya dan setuju untuk menikahi Sweety, yang baru saja menceraikan suaminya yang selingkuh, Rituraj.

Tetar tidak menyukai ini dan berencana melawan Nimki. Babbu menembak Sweety untuk menghentikan pernikahannya dengan Abimanyu. Sweety menyadari perasaan Abimanyu terhadap Nimki dan karenanya memutuskan untuk meninggalkannya dan menikah lagi dengan Rituraj, ketika Rituraj mengetahui mengapa Sweety menikahinya, dia memeras dan memerkosa Sweety. Tunney sadar bahwa Rituraj memperkosa Sweety setiap hari, namun tetap bungkam untuk menyatukan kembali Ahimanyu dan Nimki. Nimki menyadari bahwa dia tidak pernah mencintai Babbu, itu hanya ketertarikan, tapi dia mulai mencintai Abimanyu.

Dia mengadakan peragaan busana di desa untuk mengumpulkan dana bagi pembangunan, tetapi Tetar dan Babbu menentangnya. Sebelum peragaan busana dimulai, Tetar Singh mencoba menghentikannya dan penduduk desa menghinanya. Untuk membalas penghinaan ayahnya, saat peragaan busana Babbu pemerkosaan Nimki. Nimki mengatasi kesedihannya dan kembali menjalani kehidupan normalnya. Dia tidak mengubah sikapnya atau barang curiannya. Nimki membawa Babbu ke pengadilan atas tuduhan pemerkosaan, namun Babbu menculik Elina untuk memeras Tunney agar memberikan bukti palsu terhadap Nimki di pengadilan. Dia masih mencoba untuk membuatnya dihukum, tapi dia dinyatakan tidak bersalah. Dia kemudian mengetahui kehamilan nya.

Babbu menyelamatkan adiknya Sweety dari pemerkosaan oleh Rituraj, lalu menyadari kesalahannya dan meminta pengampunan Nimki. Dia melakukan reformasi dan memohon padanya untuk memberikan pernikahan mereka kesempatan kedua. Melihat perubahan perilakunya, dia memaafkannya dan pindah kembali ke mansion bersamanya dan membuat anggota keluarganya kesal. Nimki memutuskan untuk mendukung Babbu untuk memberinya pelajaran atas kesalahannya tetapi dia tidak ingin melibatkan anggota keluarganya dalam pertarungan ini oleh karena itu dia menjaga jarak dari mereka, yang semakin mengecewakan mereka. Mahua marah padanya dan tidak mengizinkannya bertemu Monu yang sakit. Dia meminta Nimki untuk memilih antara dia dan Babbu dan Nimki memilih Babbu karena dia adalah ayah dari anaknya yang belum lahir. Untuk menyakiti Babbu, Mahua melempar batu bata ke Babbu tetapi Nimki masuk di antara keduanya dan batu bata itu mengenai perutnya. Setelah menyadari dukungan Nimki padanya, Babbu memutuskan untuk mendukungnya dan memilih dia daripada keluarganya karena dia juga memilih dia daripada keluarganya sendiri.

Untuk membebaskan Sweety dari Rituraaj, Nimki menyarankan Babbu untuk ikut serta dalam pemilihan. Tetar Singh menjadi marah karena putranya sendiri menantangnya dalam pemilihan. Kedua partai mendapatkan kepercayaan pemilih. Suatu hari, Monu datang ke Haveli untuk menemui Nimki setelah mengetahui bahwa Nimki mengunjungi Ghattola. Nimki menampar Anaro saat dia menghina Monu. Nimki mencoba segala cara untuk menghancurkan setiap pilar Haveli. Nimki Babbu berbagi momen mesra saat berbicara dengan bayi mereka yang belum lahir. Tunney memiliki sedikit pemahaman terhadap rencana Nimki dan dia bersama Abimanyu diam-diam mendukung Nimki.

Tater Singh mengadakan rapat umum di desa, di mana dia menjembatani dirinya dengan pujian. Dia memberitahu adik Nimki, Mahuaa, untuk berbicara menentang Nimki dan Babbu. Rituraj menegur Sweety atas kondisinya setelah Tetar Singh memenangkan pemilu. Saat itu, Sweety memberitahu kerumunan penduduk desa untuk tidak memilih Tater Singh dan bahwa dia tidak layak disebut manusia dan mengalahkan Rituraaj di depan semua orang. Reli Tater Singh dimanjakan.

Setelah beberapa waktu Babbu pergi ke rumah Nimki dan dia memberitahu kita betapa Nimki mencintai adiknya Mahuaa dan semua anggota keluarga. Mahuaa dan semua orang setuju bahwa Babbu telah membaik dan semua bahagia seperti sebelumnya. Babbu tiba di mansion untuk membawa Nimki menyatukannya kembali dengan keluarganya. Saat Babbu tidak ada, Tetar dan Rituraj berselisih dengan Sweety dan Nimki dan menjatuhkan perut Nimki. Annaro Devi juga ada di sana, kondisi Nimki semakin memburuk. Tetar Singh menyadari kondisi Nimki kritis. Untuk menyingkirkan Babbu dari posisi MLA, Tetar menjadikan istrinya Annaro Devi pion dan menjatuhkannya dari tangga sementara Rekha (istri Dabloo) mengawasi. Kini Diamond juga bersama Nimki. Saat polisi tiba, Anaro Devi memberikan kesaksian yang memberatkan Babbu. Dia menganggap Babbu bertanggung jawab atas kecelakaan dirinya dan Nimki. Nimki kehilangan anaknya, membuat marah Babbu. Nimki dan Babbu memutuskan untuk menghukum semua orang yang bertanggung jawab atas kematian anaknya yang belum lahir.

Perkelahian terjadi antara Babu dan Tetar Singh. Anaro dan Diamond juga tiba. Nimki menghilang, Tunney, Abimanyu, dan Sweety mencarinya. Sementara itu, Anaro berusaha menghentikan pertengkaran Babbu dan Tetar Singh. Di tengah perjalanan, mobil Abimanyu dan Sweety bertabrakan dengan pohon. Kepala Abimanyu terpukul, melihat perhatian dan kasih sayang Sweety padanya, Abimanyu memilih Sweety daripada Nimki. Nimki tiba di sana dan mengungkapkan kepada Tetar Singh dan yang lainnya bahwa itu atas saran Rituraaj, bukan sarannya, Babbu memutuskan untuk ikut serta dalam pemilihan, oleh karena itu dia memohon pada Nimki. Dia kemudian menunjukkan rekaman video di mana Rituraaj menyarankan Babbu untuk menerima Nimki karena itu adalah satu-satunya cara untuk memenangkan kursi MLA dan melawan keluarganya sendiri. Semakin dia menentang keluarganya, semakin banyak pemilih yang mempercayainya dan peluangnya untuk memenangkan pemilu MLA akan meningkat. Tetar menjatuhkan Babbu, Anaro tidak mempercayainya dan setelah memberikan kesaksiannya melawan Tetar Singh dia menjadi gila. Nimki mendekati Babbu dan mengatakan bahwa dia tahu dia belum mengubah Babbu Singh dan bahwa dia mirip dengan ayahnya dan bahkan jika Babbu berubah, dia tidak akan memaafkannya, dan bahwa dia adalah contoh bagi mereka yang tidak dapat bertindak karena takut. menjadi pemerkosaand. Dia mencapnya sebagai pemerkosa dan mengatakan bahwa dia tidak akan pernah memaafkannya. Polisi kemudian menangkap Tetar Singh. Saat pergi, Tetar Singh membunuh Rituraj dengan sebuah batu. Anaro Devi tidak percaya putranya telah meninggal. Nimki mengingat semua hal sebelumnya tapi dia memakai kacamatanya untuk menyembunyikan rasa sakitnya dan berjalan pergi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Bhumika Gurung sebagai Namkeen "Nimki" Singh (sebelumnya Kumari): Mukhiya perempuan pertama di desa, putri sulung Rambachan, saudara perempuan Mahua dan Monu, mantan istri Babbu Singh, kekasih BDO Babu
  • Indraneil Sengupta sebagai Abimanyu Rai alias BDO Babu: Ayah Elena, kekasih Sweety dan Nimki
  • Abhishek Sharma sebagai Babbu Singh: mantan suami Nimki; Putra kedua Tetar dan Anaro; saudara laki-laki Dabloo, Sweety dan Diamond

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Priyanshu Singh sebagai Tunney: teman Nimki, kekasih Mahua
  • Ankit Sagar sebagai Rambachan: Nimki, ayah Mahua dan Monu
  • Saniya Noorain sebagai Mahua Kumari: putri kedua Rambachan, saudara perempuan Nimki dan Monu, kekasih Tunney
  • Arafat Shaikh sebagai Monu: putra Rambachan, adik Nimki dan Mahua
  • Shriya Jha sebagai Sweety Singh: putri Tetar dan Anaro; Babbu, saudara perempuan Dabloo dan Diamond; Istri Rituraj
  • Vijay Kumar sebagai Tetar Singh: ayah Dabloo, Sweety, Babbu dan Diamond; Suami Anaro
  • Garima Vikrant Singh / Neelima Singh sebagai Anaro Devi: ibu Dabloo, Sweety, Babbu dan Diamond; Istri Tetar
  • Rishi Khurana sebagai Rituraj Singh: suami Sweety; Menantu Tetar dan Anaro; Dabloo, saudara ipar Babbu dan Diamond
  • Karaan Singh sebagai Dabloo Singh: putra tertua Tetar dan Anaro; suami Rekha; Sayang, saudara laki-laki Babbu dan Diamond
  • Shiwani Chakraborty sebagai Rekha Singh alias Gajwawali: istri Dabloo; Menantu perempuan Tetar dan Anaro; Sweety, adik ipar Babbu dan Diamond
  • Jatin Suri sebagai Diamond Singh: putra bungsu Tetar dan Anaro; Dabloo, adik Sweety dan Babbu
  • Rita Bhaduri sebagai Imarti Devi: ibu Tetar; ibu mertua Anaro; Dabloo, Sweety, Babbu dan nenek Diamond
  • Syed Ashraf Karim sebagai Nahar Singh: pemimpin politik
  • Reena Rani sebagai Bimla Devi alias Dhumriwali: tetangga Rambhachan; sosok bibi Nimki, Mahua dan Monu
  • Sulabha Arya sebagai Parvati Devi: bibi Abimanyu
  • Hemaakshi Ujjain sebagai Neelu: saudara perempuan Rambachan; Nimki, Mahua dan bibi Monu
  • Ahmad Harhash sebagai putra Raj Singh Babbu Singh

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Suatu ketika, ketika saya sedang bepergian di Bihar, saya melihat papan bertuliskan 'Mukhiya pati' dan di bawahnya terdapat nama istrinya dalam huruf kecil. Ketika saya mencoba mencari tahu lebih lanjut, saya menyadari bahwa perempuan tersebut telah menjadi mukhiya (kepala desa) berkat reservasi tersebut, namun dia tetap melakukan pekerjaan rumah tangganya, sementara suaminya mengatur pekerjaan resminya. Bagi saya itu adalah tindakan kriminal karena mereka menyalahgunakan kekuasaan yang diberikan kepada mereka. Hal itu menggugah saya untuk menulis cerita tentang bagaimana kita sebagai manusia terkadang tidak siap untuk memikul kekuasaan atau tanggung jawab.

— Zama Habib selama bulan September 2019 [1]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Kritikus[sunting | sunting sumber]

Setelah peluncuran Nimki Vidhayak, The Print memuji serial tersebut dengan menyatakan, "Serial TV tersebut merupakan gambaran realistis tentang politik kasta, kelas, dan gender di pedesaan India, mengungkap kesenjangan sosial budaya yang mendalam yang masih terjadi di jantung negara ini. Nimki tetap teguh pada pendiriannya, menjadi contoh bagi jutaan perempuan yang dieksploitasi di negara ini".[2]

Pada bulan Februari 2020, The Print kembali memuji serial tersebut beserta karakter Nimki dengan menyatakan, "Selama dua tahun Nimki Mukhiya, baik pertunjukan maupun karakternya, telah menonjol dalam sejumlah acara TV yang menampilkan galaksi karakter wanita muda yang berpakaian berlebihan dan setengah menganggur yang tinggal di wilayah yang luas, rumah-rumah mewah kosong dan menghabiskan seluruh episode berkelahi dengan wanita lain seperti mereka demi pria yang sama-sama berpakaian berlebihan dan setengah menganggur".[3]

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Bahasa Judul Rilis Asli Saluran Terakhir ditayangkan Catatan
Tamil Thaenmozhi B.A
தேன்மொழி பி.ஏ
26 Agustus 2019 Star Vijay 13 November 2021 Remake
Marathi Pinkicha Vijay Aso!
पिंकीचा विजय असो!
31 Januari 2022 Star Pravah Sedang berlangsung

Serial sekuel[sunting | sunting sumber]

Seri sekuel, Nimki Vidhayak dibintangi Bhumika Gurung ditayangkan mulai 10 Agustus 2019 hingga 1 Februari 2020 menggantikan serial ini.[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nimki Mukhiya producer Zama Habib: Wanted to address socio-political issues in an entertaining and engaging way". The Indian Express. 3 September 2019. Diakses tanggal 3 March 2021. 
  2. ^ "Star Bharat's Nimki Vidhayak serial is a disgrace on all women, more so on rape survivors". The Print. 17 August 2020. Diakses tanggal 3 March 2021. 
  3. ^ "What's common between Kejriwal and Nimki Vidhayak? Both swear by Hanuman". The Print. 17 February 2020. Diakses tanggal 3 March 2021. 
  4. ^ "Sequel of 'Nimki Mukhiya' set for August launch on Star Bharat – Biz Asia". Biz Asia. 30 July 2019. Diakses tanggal 3 March 2021. 
  5. ^ "TV show 'Nimki Mukhiya' to come back with a second season", The Times of India, 30 July 2019, diakses tanggal 3 March 2021