Nikolai von Meck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nikolai von Meck
Николай Карлович фон Мекк
Potret oleh Kustodiev, 1913
LahirNikolai Karlovich von Meck
(1863-04-28)28 April 1863
Moscow, Kekaisaran Rusia
Meninggal24 Mei 1929(1929-05-24) (umur 66)
Moscow, Rusia
KebangsaanJerman Baltik/Russian
PekerjaanInsinyur, pengusaha
Suami/istriAnna Davydova
Orang tua

Nikolai Karlovich von Meck (bahasa Rusia: Никола́й Ка́рлович фон Мекк; 28 April 1863 – 24 Mei 1929) adalah seorang insinyur dan pengusaha Kekaisaran Rusia yang terlibat dalam pengembangan Kekaisaran Rusia selama bagian pertama abad kedua puluh. Dia diadili sebagai bagian dari Pengadilan Shakhty dan dieksekusi pada tahun 1929.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Nikolai adalah putra keenam dari Karl Otto Georg von Meck yang berasal dari keluarga bangsawan Baltik-Jerman tua yang berasal dari Silesia dan Nadezhda von Meck dari total sebelas anak. Ayahnya Karl adalah salah satu pembuat kereta api pertama Kekaisaran Rusia setelah kekalahan Rusia dalam Perang Krimea memotivasi tsar untuk memodernisasi. Karl meninggal mendadak pada tahun 1876. Nadezhda mewarisi kekayaan besar dan menjadi pelindung seni. Di samping hubungannya yang intens namun platonis dengan Pyotr Tchaikovsky, dia juga membawa Nikolai ke dalam kontak dengan orang-orang seperti Claude Debussy, yang tinggal bersama keluarga sebagai seorang pemuda. Nikolai mencatat bahwa Debussy memperoleh julukan keluarga "le boulliant Achille".[2]

Pada tahun 1883, Nikolai menikahi Anna Davydova, keponakan dari Tchaikovsky.

Ia memasuki Imperial College of Law di St. Petersburg. Memutuskan untuk meninggalkan karir di bidang hukum dan mengabdikan dirinya secara eksklusif untuk bisnis kereta api, ia meminta izin ibunya untuk meninggalkan sekolah tanpa menerima gelarnya. Kurangnya pendidikan tinggi tidak menghentikannya; setelah bekerja sebagai pemadam kebakaran depot, insinyur, dan juru tulis di Kereta Api Nikolaev, pada tahun 1884 ia diangkat sebagai calon anggota Dewan kereta api Moskow-Ryazan. Pada 1 November 1890, ia diangkat menjadi Anggota Dewan penuh.

Pada April 1891, ia diangkat sebagai ketua Kereta api Moskow-Kazan. Selama lebih dari seperempat abad, hingga nasionalisasi pada tahun 1918, namanya dikaitkan dengan aktif memperluas perusahaan dan keterlibatannya dalam pengembangan sistem transportasi Rusia. Selama sembilan tahun pertama manajemennya, panjang jalur kereta api Moskow-Kazan meningkat dari 233 kilometer menjadi 2,1 ribu kilometer. Ini termasuk pembangunan jalur Ryazan-Kazan, Ruzaevka-Penza-Szyran-Hinds, Inza-Simbirsy dan Timiryazevo-Nizhny Novgorod. Pencapaian perusahaan adalah karena kebijakan teknis von Meck untuk memastikan profesionalisme staf, modernisasi peralatan teknis, ketelitian desain dan pekerjaan survei. Dia menikmati reputasi yang layak tidak hanya dari karyawan dan mitra bisnisnya sendiri, tetapi juga di kalangan pemerintah dan di antara anggota majelis yang berkuasa. Komposisi pemegang saham Perusahaan termasuk bank-bank besar Rusia.

Pada tahun 1903, sebagai ketua Dewan Kereta Api Moskow-Kazan, yang bertanggung jawab untuk mengatur ziarah Nicholas II dan keluarganya di biara Sarov. Nikolai von Meck pada awal Perang Rusia-Jepang memimpin kargo amal yang dikirim ke Departemen Timur Jauh Komite Grand Duchess untuk mengumpulkan dana bantuan tentara di bawah bayang-bayang Masyarakat Palang Merah Rusia.

Untuk mempromosikan pelatihan, beliau membuka sekolah teknik dan Perseroan berpartisipasi dalam sosialisasi buku-buku kegiatan yang bermanfaat. Ini mendukung organisasi koperasi konsumen untuk pasokan produk kereta api.

Pada tahun 1912, stasiun pemilahan Moskow mulai membangun gedung apartemen, dan stasiun Prozorovskaya mendirikan pemukiman, menawarkan pinjaman karyawan untuk pembelian plot dalam jumlah gaji tiga tahun untuk jangka waktu 10 tahun. Proyek tersebut meliputi peningkatan jaringan listrik dan telepon, pasokan air, jalur trem, rumah sakit, gedung pertemuan publik. Implementasi penuh dari rencana itu digagalkan ketika perang dimulai pada tahun 1914.

Pada tahun 1899, ia membeli salah satu mobil pertama di Rusia karena minatnya pada balap motor sport, dan pada tahun 1903, menjadi salah satu pendiri dan kepala pertama Moscow Automobile Club, penyelenggara dan peserta Rusia pertama. balapan mobil pada tahun 1910–11. Dia memiliki plat nomor di Moskow - 84, 588, 679.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keld, Julia. "Nikolaus Karlovich von Meck". Find a grave. Find a grave. Diakses tanggal 16 August 2015. 
  2. ^ Lockspeiser, Edward (1978). Debussy: Volume 1, 1862-1902: His Life and Mind. Cambridge: Cambridge University Press.