Negara bagian mengambang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta negara bagian yang berayun dalam pemilihan presiden tahun 2024, berdasarkan hasil pemilu tahun 2020. Biru mewakili kandidat Partai Demokrat, Joe Biden, dan merah mewakili kandidat Partai Republik, Donald Trump. "Kondisi ayunan" dengan kemiringan yang lebih kecil diwarnai dengan warna yang lebih terang, sedangkan "kondisi aman" dengan kemiringan yang lebih berat diwarnai dengan warna yang lebih gelap.

Dalam politik Amerika Serikat, istilah negara bagian mengambang (atau negara bagian medan tempur) merujuk kepada negara bagian manapun yang dapat dimenangkan oleh calon presiden Partai Demokrat atau Partai Republik. Negara-negara bagian tersebut biasanya diterbitkan oleh kampanye partai besar, khususnya dalam pemilu kompetitif.[1] Sementara itu, negara bagian yang giat memilih sebuah partai tunggal dikenal sebagai negara bagian aman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Larry J. Sabato's Crystal Ball  » The Electoral College: The Only Thing That Matters". centerforpolitics.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal January 27, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]