Nebo (kota)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nebo (Nabo, Nebai, Nobai) adalah sebuah nama kota yang disebutkan dalam beberapa perikop Perjanjian Lama.[1] Nama ini digunakan pada dua kota, satu di wilayah yang di Alkitab tercatat merupakan milik Suku Ruben,[2] sedangkan yang lain diperkirakan terletak pada tanah pusaka milik Suku Yehuda.[3]

Nebo milik suku Ruben[sunting | sunting sumber]

Kota Nebo di wilayah suku Ruben disebutkan dalam Bilangan 32:3, terletak di antara Saban dan Beon (yang merupakan singkatan dari Baal-meon). Dalam pasal yang sama, ayat 38, lagi-lagi disebutkan terletak di antara Kiryataim (Cariathaim) dan Baal-meon, terkait dengan nama yang sama pada Prasasti Mesa (baris 14). Informasi ini dan lainnya mengindikasi bahwa kota itu terletak di sekitar Gunung Nebo, tapi lokasi yang tepat tidak dapat ditentukan. Termasuk dalam wilayah padang rumput subur milik suku Ruben dan Gad yang memintanya dari Musa dalam hal distribusi wilayah (Bilangan 32). Kota ini menjadi milik Moab pada waktu Yesaya bernubuat terhadap tanah itu (Yesaya 15:2; lihat Yeremia 48:1, 22). Prasasti Mesa (baris 14-18) membanggakan kenyataan bahwa Moab telah merebutnya kembali dari orang Israel. Menurut St. Jerome (Hieronimus),[4] tempat pemujaan berhala Kamos (Chemosh) terletak di Nebo.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thomas Kelly Cheyne (1901) [1899]. "Nebo". Dalam T. K. Cheyne; J. Sutherland Black. Encyclopaedia Biblica: A Critical Dictionary of the Literary, Political, and Religious History, the Archaeology, Geography, and Natural History of the Bible. 3, L-P. New York: The Macmillan Company. 
  2. ^ Bilangan 32:3,38; Yeremia 48:1, 22; 1 Tawarikh 5:8; Yesaya 15:2.
  3. ^ Ezra 2:29; Ezra 10:43; Nehemia 7:33 dan lain-lain
  4. ^ Commentary on Isaiah 15:2, in P.L., XXIV, 168

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "Nabo (Nebo)". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton.