Nea Salamis Famagusta FC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nea Salamis
Nama lengkapNea Salamis Famagusta FC
bahasa Yunani: Νέα Σαλαμίνα Αμμοχώστου
Berdiri7 Maret 1948; 75 tahun lalu (1948-03-07)
StadionGSE, Famagusta dan Stadion Ammochostos
Larnaca, Siprus
(Kapasitas: 5.500)
KetuaAndreas Paraskeva
ManajerDimitris Kalaitzidis
LigaDivisi Satu Siprus
2022/23ke-8
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang

Nea Salamis Famagusta FC atau Nea Salamina Famagusta FC (bahasa Yunani: Νέα Σαλαμίς Αμμοχώστου) adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di Ammochostos (juga dikenal dengan nama romanisasi, Famagusta), Siprus. Klub ini telah menjadi klub pengungsi sejak invasi Turki ke Siprus tahun 1974, ketika Turki menduduki bagian utara negara itu. Klub ini untuk sementara berbasis di Larnaca.

Prestasi paling menonjol Nea Salamis adalah kemenangan mereka di Piala Siprus dan Piala Super Siprus pada tahun 1990. Finis tertinggi mereka di Divisi Satu Siprus berada di tempat ketiga. Selama lima tahun pertama (1948–1953), tim ini berpartisipasi dalam kejuaraan Federasi Sepak Bola Amatir Siprus. Pada tahun 1953 klub ini bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola Siprus (CFA), berpartisipasi secara teratur dalam kejuaraan asosiasi dan kompetisi piala. Klub ini telah bermain di lebih dari 50 musim Divisi Satu Siprus, berada pada peringkat ketujuh dalam kategori tersebut.

Tim ini berpartisipasi untuk pertama kalinya di kompetisi Eropa pada tahun 1990 di Piala Winners UEFA, dan bermain di Piala Intertoto UEFA 1995, 1997 dan 2000. Tim ini merupakan bagian dari klub olahraga Nea Salamis Famagusta, yang didirikan pada tahun 1948, selain klub sepak bola ada juga klub bola voli pria pada klub olahraga tersebut.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]