Navarkhos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Navarkhos (bahasa Yunani: ναύαρχος; diucapkan návarchos) merupakan sebuah kata Yunani yang berarti "pemimpin kapal", yang di beberapa negara bagian menjadi gelar kantor yang setara dengan laksamana modern.

Sejarah penggunaan[sunting | sunting sumber]

Tidak semua negara memberi panglima angkatan laut mereka gelar seperti itu. Athena, misalnya, menempatkan armadanya di bawah komando jenderal (strategos) yang memegang gelar yang sama dengan mereka yang memimpin pasukan daratnya. Struktur komando seperti itu mencerminkan fakta bahwa, terutama di awal periode Klasik, armada beroperasi dalam hubungannya erat dengan pasukan darat, dan memang, gelar navarch tidak mulai muncul sampai masa Perang Peloponnesos, ketika armada mulai beroperasi lebih secara mandiri. Judul terpisah ini awalnya digunakan di kota-kota yang tidak memiliki tradisi angkatan laut yang mapan, Sparta menjadi yang paling menonjol, tetapi memasuki penggunaan yang lebih luas kemudian, yang diadopsi oleh angkatan laut negara-negara era Hellenistik seperti Makedonia, Sirakusa, Ptolemaik dan Kekaisaran Seleukia, Liga Akhaia, dan Rodos.

Di Sparta dan banyak negara kota lainnya, posisi tersebut hanya diadakan selama satu tahun saja (situasi yang memaksa Sparta untuk menggunakan fiksi hukum yang rumit ketika mereka ingin mengembalikan Lysander selama lebih dari satu tahun sebagai komandan). Laksamana negara-negara despotik atau monarkis, bagaimanapun, dapat melayani selama bertahun-tahun pada suatu waktu. Di Sparta, posisinya, tidak seperti kebanyakan kantor tingkat tinggi, tersedia untuk orang-orang dari luar kelas Spartiate; Lysander, penghuni paling terkenal di kantor itu, adalah ahli waris dari pemerintahan ini.

Nauarchus, transliterasi langsung dari istilah Yunani ke dalam bahasa Latin, juga digunakan oleh Angkatan laut Romawi untuk komandan skuadronnya. Bizantium berbahasa Yunani terkadang menggunakan istilah untuk menunjuk kapten kapal; istilah drungarios atau strategos digunakan untuk menunjuk laksamana mereka.

Yunani Modern[sunting | sunting sumber]

Bendera pangkat návarkhos.

Di Angkatan Laut Yunani modern, návarkhos adalah pangkat tertinggi, setara dengan laksamana penuh. Semua kecuali satu dari bendera pangkat yang tersisa juga derivasi dari kata ini: Antinávarchos (αντιναύαρχος, "wakil-laksamana") adalah setara dengan Laksamana Madya dan yponávarchos (υποναύαρχος, "di bawah laksamana"), setara dengan laksamana belakang, sementara archiploíarchos adalah setara dengan Laksamana Pertama. Pangkat yang sama juga digunakan oleh Penjaga Pantai Yunani. Pangkat penuh návarkhos diadakan dalam dinas aktif hanya oleh Kepala Staf Umum Pertahanan Nasional, ketika dia adalah seorang perwira angkatan laut, dan diberikan kepada Kepala Staf Umum Angkatan laut Yunani pada masa pensiun. Di bawah monarki Yunani, pangkat bintang lima dari archinávarchos (αρχιναύαρχος), setara dengan laksamana agung atau laksamana armada, ada, dan hanya dimiliki oleh raja yang berkuasa (Raja Georgios II, Paulus dan Konstantinus II).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hornblower, Simon, and Anthony Spawforth ed., The Oxford Classical Dictionary (Oxford University Press, 2003) ISBN 0-19-866172-X