Nasi belanga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nasi belanga
Tempat asalIndia
Malaysia
Singapura
Bahan utamaNasi, rempah, daging
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Nasi belanga (Tamil: சட்டி சோற்று satti soru, Melayu: nasi periuk tanah) atau juga dikenal sebagai "nasi claypot India" adalah hidangan terkenal di kalangan komunitas India di India, Malaysia, Indonesia, dan Singapura.[1][2] Satti soru, yang berarti "nasi belanga" dalam bahasa Tamil, adalah hidangan yang cukup umum di rumah tangga India Selatan. Gravy dari kari dicampurkan ke dalam nasi untuk membersihkan panci atau wajan tempat kari dimasak.

Biasanya, hidangan ini disiapkan dengan memasak nasi bersama dengan berbagai bahan di dalam periuk tanah liat di atas api kecil atau kompor. Periuk masak ini disebut 'man panai' atau 'man satti' dalam bahasa Tamil. Periuk tanah liat membantu menjaga kelembaban dan memberikan aroma unik pada nasi. Bahan-bahan umumnya meliputi nasi, rempah-rempah, sayuran, daging, makanan laut, dan bahkan ada yang menawarkan daging eksotis seperti biawak dan babi hutan.[3] Rempah-rempah populer yang digunakan dalam hidangan ini antara lain jintan, ketumbar, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan cengkih.

Karena metode persiapan yang membutuhkan waktu dan memasak perlahan di dalam periuk tanah liat, pelanggan mungkin perlu menunggu beberapa waktu (biasanya 15–30 menit) sebelum hidangan siap disajikan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fun, N taste (18 April 2023). "Indian Claypot Curry Rice (Satti Sorru) @ Pudu, Kuala Lumpur". Diakses tanggal 16 Juli 2023. 
  2. ^ Anjali, Raguram (14 September 2019). "Cheap & Good: Home-style spicy South Indian wok rice bowls at The Cavern Horsecity in Bukit Timah". Diakses tanggal 16 Juli 2023. 
  3. ^ Nstp, Says (21 Juni 2018). "Klang Valley hawker raises eyebrows with monitor lizard claypot curry". Diakses tanggal 16 Juli 2023. 
  • Media terkait Dosa di Wikimedia Commons