Nanny McPhee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nanny McPhee
Nanny mcphee.jpg
Poster rilis
SutradaraKirk Jones
ProduserLindsay Doran
Tim Bevan
Eric Fellner
PenulisScreenplay:
Emma Thompson
Books:
Christianna Brand
PemeranEmma Thompson
Colin Firth
Angela Lansbury
Penata musikPatrick Doyle
SinematograferHenry Braham
PenyuntingJustin Krish
Nick Moore
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
Britania Raya
21 Oktober 2005
Australia & Selandia Baru
12 Januari 2006
Amerika Serikat & Kanada
27 Januari 2006
Durasi97 menit
NegaraBendera Prancis Prancis
Bendera Britania Raya Britania Raya
Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$25,000,000
Pendapatan
kotor
$122,489,822[1]

Nanny McPhee adalah film fantasi tahun 2005 yang dibintangi oleh Emma Thompson.Thompson juga menulis skenario film ini yang didasarkan pada buku Nurse Matilda, Christianna Brand.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di Inggris era Victoria, seorang duda bernama Cedric Brown adalah ayah dari tujuh anak bernama Simon, Tora, Eric, Lily, Sebastian, Chrissie, dan Aggie. Sebenarnya, dia sangat mencintai anak-anaknya, tetapi sejak kematian istrinya, hanya menghabiskan sedikit waktu bersama mereka dan tidak dapat menangani mereka. Karena memiliki sedikit waktu, sang ayah terus menyewa pengasuh untuk mengasuh anak-anaknya, namun karena perilaku buruk mereka, semua pengasuh yang pernah disewakan Cedric selalu kabur dari rumah dengan ketakutan. Ketujuh anak ini juga sangat senang menyiksa juru masak mereka, Ny. Blatherwick, seorang mantan juru masak militer yang menyatakan bahwa akan ada "salju di bulan Agustus" sebelum hak keluarganya dihukum. Selain ayah mereka, satu-satunya yang akan didengarkan oleh anak-anak itu adalah Evangeline, pembantu rumah tangga keluarga yang tidak berpendidikan tapi baik hati.

Suatu hari, Cedric yang stress karena sudah kehabisan pengasuh, beberapa kali mendengar dan melihat tulisan seperti "orang yang kau butuhkan adalah Nanny McPhee" di seluruh rumah. Pada malam yang sama selama badai, sementara anak-anak membuat kekacauan di dapur sambil mengikat dan menyiksa Ny. Blatherwick, Seorang wanita misterius berhidung besar dan bergigi tonggos, dengan wajah yang buruk rupa, datang ke rumah dan memperkenalkan diri pada Cedric sebagai Nanny McPhee (bahasa Indonesia: Pengasuh McPhee) Dengan disiplin dan sedikit sihir, dia mengubah kehidupan keluarga. Anak-anak Cedric yang dipimpin oleh anak sulung bernama Simon, selalu membencinya dan mencoba mempermainkannya, tetapi secara bertahap mulai menghormatinya dan meminta nasihatnya. Setiap kali ia memberi anak-anak pelajaran dan menyelesaikan tugasnya, wajah buruk Nanny McPhee menghilang secara ajaib secara bertahap. Seiring waktu, anak-anak menjadi lebih bertanggung jawab, membantu ayah mereka dalam menyelesaikan masalah keluarga, membuat Nanny McPhee semakin tidak dibutuhkan. Ketika Nanny McPhee tidak melaksanakan tugasnya dan pergi berkebun pada hari Minggu, Cedric dan anak-anak terheran dan merindukannya. Sebelumnya, Cedric mencoba protes karena ia tidak melaksanakan tugasnya, namun Nanny McPhee mengatakan bahwa kebijakannya adalah libur pada hari Minggu. Jika anak-anak mengalami masalah, biasanya mereka mengatakan "Nanny McPhee, we need you".

Keluarga Cedric secara finansial didukung oleh bibi mertua Cedric yang mendominasi dan berpandangan pendek, Great Aunt Adelaide, yang menuntut hak asuh atas salah satu anak. Dia pertama kali menginginkan putri Cedric bernama Christie, tetapi Evangeline menyamar untuk pergi dan Adelaide setuju, dengan asumsinya adalah salah satu putri Cedric. Dia juga mengancam akan menambah kemiskinan keluarga kecuali Cedric menikah lagi dalam sebulan, yang berarti keluarga Cedric akan kehilangan rumah.

Putus asa, Cedric memperkenalkan janda keji bernama Nyonya Selma Quickly kepada anak-anak. Anak-anak berasumsi dari membaca dongeng bahwa semua ibu tiri adalah wanita jahat yang memperlakukan anak tirinya seperti budak. Bersama-sama, mereka mengacaukan kunjungan Mrs. Quickly, dan dia pergi, dengan marah pada Cedric. Setelah alasan keuangan dan pernikahan dijelaskan kepada anak-anak, mereka menyadari kesalahan mereka dan mereka berusaha menenangkan Mrs. Quickly dengan mengakui bahwa merekalah yang harus disalahkan karena merusak kunjungannya. Nyonya Quickly, yang penasaran ketika dia mendengar tentang kekayaan dan status Adelaide, berdamai dengan Cedric dan setuju untuk menikah dengannya.

Namun, anak-anak segera mengetahui bahwa Mrs. Quickly sama kejam dan mengerikannya dengan ibu tiri dongeng mana pun, ketika dia dengan sengaja memecahkan mainan kesayangan bayi Aggie (yang diberikan ibu Aggie). Ketika semua orang berkumpul untuk pesta pernikahan yang mencolok dengan cepat bersikeras, anak-anak mengganggu upacara dengan berpura-pura ada lebah, mereja mengejar para tamu, dan memulai melempar kue-kue yang ditujukan untuk perjamuan. Cedric dengan cepat memahami bahwa anak-anaknya tidak menyukai pengantin wanita dan, menyadari bahwa dia tidak tepat untuknya atau anak-anaknya, bergabung dalam keributan itu sendiri. Ny. Quickly membatalkan pernikahan dengan marah.

Ketika tenggat waktu pernikahan terlewat, Lily menyarankan agar Cedric menikahi Evangeline; anak-anak lain mengungkapkan kepada Adelaide bahwa dia sebenarnya bukan saudara perempuan mereka. Evangeline dan Cedric pada awalnya menolak, tetapi kemudian menyadari perasaan mereka satu sama lain dan setuju untuk menikah, dan itu memenuhi syarat Bibi Adelaide untuk mempertahankan dukungan keuangannya. Nanny McPhee yang sekarang sepenuhnya cantik, secara ajaib membuat salju turun di bulan Agustus, mengubah adegan pernikahan dan mengubah pakaian Evangeline menjadi gaun pengantin yang indah, dan mengembalikan kerincingan mendiang ibu untuk mereka.

Simon melihat Nanny McPhee pergi menjauh, sesuai dengan apa yang dia katakan kepada anak-anak sebelumnya pada malam pertamanya:

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Potret Emma Thompson

Produksi[sunting | sunting sumber]

Direktur Kirk Jones

Pada 11 Maret 2002, Kirk Jones dipekerjakan dan diatur untuk mengarahkan Nanny McPhee berdasarkan Nurse Matilda oleh Christianna Brand. Emma Thompson menulis naskah untuk film tersebut. Lindsay Doran, Tim Bevan dan Eric Fellner memproduksi film tersebut dengan anggaran $25 juta untuk rilis pada tahun 2005.

Pada 22 April, diumumkan bahwa Emma Thompson, Colin Firth, Thomas Sangster, Kelly Macdonald, Angela Lansbury, Eliza Bennett, Jennifer Rae Daykin, Raphaël Coleman, Samuel Honywood, Holly Gibbs, Celia Imrie, Imelda Staunton, Sir Derek Jacobi, Patrick Barlow, dan Adam Godley bergabung dengan film tersebut.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Emma Thompson mengungkapkan pada Jonathan Ross bahwa dua film lagi direncanakan. Film kedua, Nanny McPhee and the Big Bang (juga disebut Nanny McPhee Returns), dirilis pada Maret 2010. Film ini dibintangi oleh Rhys Ifans, Maggie Smith, Ralph Fiennes dan Maggie Gyllenhaal. Karakter Aggie Brown kembali sebagai Nyonya Docherty yang sekarang sudah tua. Di dalamnya, Nanny McPhee mengambil alih anak-anak dari seorang wanita yang suaminya pergi berperang.[2]

Film ketiga direncanakan akan dibuat di Inggris modern, tetapi, meskipun mengambil $93 juta di box-office, sekuelnya di bawah ekspektasi studio dan rencana dibatalkan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]