Nakheel Harbour and Tower

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nakheel Harbour and Tower merupakan sebuah proyek real estat multimiliar dolar yang direncanakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Dibangun oleh pengembang Nakheel, yang telah menyatakan bahwa pembangunan ini akan menjadi, ibu kota tak resmi Dubai. Ketika selesai, proyek ini akan memiliki struktur tertinggi di dunia, Nakheel Tower, dan marina dalam kota terbesar di dunia. Situs ini mencakup tanah seluas 270 hektare. Pembangunan dan rencana besar proyek ini didasarkan pada prinsip desain Islam. Pembangunan dijadwalkan selama sepuluh tahun ke depan.

Rencana untuk menara menandakan bahwa tingginya dapat mencapai lebih dari 1 kilometer, dengan satu laporan menyatakan 1.400 meter (4.593 kaki). Tetapi, Nakheel tidak memberitahukan tinggi akhir struktur. Menurut Nakheel, menara ini akan memiliki lebih dari 200 tingkat dan sekitar 150 elevator. Pada tinggi itu menara ini akan mengalahkan bangunan tertinggi di dunia, Burj Dubai.

Empat puluh menara kecil lainnya akan berdiri di wilayah yang mengelilingi menara utama. Pembangunan ini juga meliputi promenade, bagian dari Arabian Canal, jembatan penyeberangan, dan beberapa bentuk transportasi publik yang mudah dicapai. Lebih dari 50.000 orang diperkirakan akan tinggal di tempat ini bila selesai.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]