Nagekeo The Heart of Flores

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"Nagekeo The Heart of Flores" adalah sebuah slogan dari Kabupaten Nagekeo di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Slogan ini dipakai sebagai sebuah nama lain dari Kabupaten Nagekeo.[1][2][3][4] Slogan ini digunakan untuk mempromosikan pariwisata Flores.

Logo dan Slogan Nagekeo The Heart of Flores adalah budaya dan nilai masyarakat Nagekeo yang sudah memiliki nilai-nilai luhur oleh pendahulunya seperti beberapa ungkapan "To'o Jogho Wagha Sama" atau Gotong Royong, "Kia Zi'a Tabhe Pawe" atau cinta kasih, "Pese Tenu"atau nasihat dan "Wua Mesu" atau belas kasihan, sehingga setiap elemen masyarakat akan dapat berkolaborasi dalam spirityang sama menuju "Nagekeo The Heart of Flores" .

Elemen Grafis[sunting | sunting sumber]

Elemen grafis diambil dari unsur visual logogram yakni berangkat dari unsur bentuk Peo (Lambang kabupaten Nagekeo yang berasal dari sebuah kayu bercabang pada tengah kampung di Nagekeo lambang persatuan suku) yang telah di stilasi menjadi bentuk yang sedemikian rupa. Elemen grafis ini terbentuk dari bentuk garis-garis yang dinamis yang diambil dari representasi masyarakat Nagekeo yang ramah (friendly),dengan pengambilan visual savana dan bukit yang menjadi pembeda kabupaten lain, sedangkan warna kuning dan magenta diambil karena sebuah ciri khas dari warna tenun Nagekeo. Lengkungan warna biru yang dihasilkan dari visual pantai yang telah di stilasi supaya menjadi bentuk elemen yang menarik serta simple. Bentuk lengkungan yang dinamis melambangkan semangat untuk menuju pariwisata berkelanjutan. visual lengkungan berwarna biru juga menyimbolkan keindahan panorama pantai menjadi salah satu ikonik Nagekeo terdapat sebuah pantai yang sangat indah dengan hamparan Laut dan pemandangan alamnya. Keberadaan elemen grafis ini digunakan sebagai dekorasi suatu layout dan dibuat untuk elemen estetika untuk mempertahankan konsistensi branding secara visual. Penempatan visual elemen grafis bebas bisa mengarah ke kanan atau pun ke kiri sesuai kebutuhan dalam desain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://mediaindonesia.com/nusantara/452345/bupati-luncurkan-nagekeo-the-heart-of-flores
  2. ^ https://travel.kompas.com/read/2021/12/12/190700327/nagekeo-the-heart-of-flores-upaya-promosi-wisata-nagekeo-ntt-ke-mata-dunia-?page=all
  3. ^ https://kupang.antaranews.com/berita/70349/pemkab-luncurkan-slogan-pariwisata-nagekeo-the-heart-of-flores
  4. ^ https://travel.kompas.com/read/2021/12/31/173015127/lagu-tema-the-heart-of-flores-kencangkan-promosi-wisata-nagekeo?page=all