NS-Ordensburgen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

NS - Ordensburgen ("Kastil Ordo Sosialis Nasional", bentuk tunggal Ordensburg), juga disebut Schulungsburgen, adalah sekolah yang dikembangkan untuk para eselon militer elit Jerman Nazi. Ada persyaratan ketat untuk masuk ke sekolah ini. Para kandidat "junker" harus berusia antara 25-30 tahun, anggota minimal salah satu dari: Partai Nazi, Pemuda Hitler, Sturmabteilung atau Schutzstaffel (SS), sehat sepenuhnya secara fisik dan berdarah murni tanpa cacat bawaan. Istilah Ordensburg dipinjam oleh Nazi dari Ordo Teutonik yang bersejarah.

Di bawah reformasi Partai Sosialis Nasional, didirikan sekolah khusus untuk anak-anak pemimpin penting Nazi. "Sekolah Adolf Hitler" didirikan untuk tingkat sekolah dasar, dan Ordensburgen didirikan untuk siswa sekolah menengah. Lulusan dari sekolah-sekolah ini diharapkan menjadi pemimpin elit Partai di masa depan, dilatih dalam mata pelajaran teknis dan ideologi Nazi. Ordensburgen dirancang untuk siswa yang telah menyelesaikan Sekolah Adolf Hitler, menjalani enam bulan pelatihan kerja wajib, dua tahun di ketentaraan, dan yang sudah memilih profesi mereka.[1]

Karena para siswa begitu terisolir dan pendidikan mereka sangat terspesialisasi, mereka sering dianggap sombong sementara hanya tahu sedikit tentang nilai praktisnya. Banyak para pejabat tinggi Nazi yang memilih untuk tidak mengirim anak-anak mereka ke sekolah-sekolah ini. Bahkan Martin Bormann hanya mengirim salah satu putranya yang sering bikin masalah ke Sekolah Adolf Hitler, sebagai bentuk hukuman.[2]

Sekolah-sekolah ini sendiri biasanya kaku dengan struktur bangunan modern dan memiliki fasilitas yang lengkap. Vogelsang, misalnya, dilaporkan berisi gimnasium terbesar di dunia pada saat itu. Setiap siswa harus mengikuti empat "lembaga" pendidikan secara berurutan, yang terakhir di situs bersejarah Abad Pertengahan Kastel Malbork.

Tiga lembaga untuk pendidikan para pemimpin politik dan fokusnya adalah:

fokus: filsafat rasial dari orde baru

fokus: tugas administrasi, militer dan diplomasi. Fasilitas ini digunakan oleh Bundeswehr Jerman sampai akhir 2007.

fokus: pengembangan karakter

Menurut model pelatihan, siswa harus menghabiskan satu tahun di setiap kastil untuk menjadi terbiasa dengan setiap fokus pendidikan. Ordensburg keempat dan terakhir, yang direncanakan di Kastil Malbork yang bersejarah di Prusia Barat, tidak pernah dibangun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pine, Lisa. 2010. Education in Nazi Germany. Oxford: Berg, 2010.
  2. ^ Speer, Albert. 1970. Inside the Third Reich. Page 147.