Muthuswami Dikshitar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Muthuswami Dikshitar (lahir di Tiruvarur, Thanjavur, Tamil Nadu, 24 Maret 1775 – meninggal di Ettayapuram, 21 Oktober 1835 pada umur 60 tahun) adalah seorang penyair dan komponis dari India Selatan dan merupakan anggota dari trinitas musikal musik karnatik .

Gubahannya, yang sekitar 500 umumnya dikenal, menonjol karena deskripsi rumit dan puitis dari dewa dan kuil Hindu dan untuk menangkap esensi dari bentuk raga melalui gaya vainika yang menekankan gamaka (ornamen). Secara umum, ini berada pada kecepatan yang lebih lambat ( chowka kala ). Ia juga dikenal dengan nama tanda tangannya Guruguha, yang juga mudra- nya (dan dapat ditemukan di setiap lagu-lagunya). [1] Gubahannya dinyanyikan dan dimainkan secara luas dalam konser musik karnatik klasik.

Tritunggal musik yang terdiri dari penulis Dikshitar, Tyagaraja (1767-1847) dan Syama Sastri (1762-1827). [2] Namun, tidak seperti gubahan dalam Bahasa Telugu dari yang lain, gubahannya didominasi dalam bahasa Sansekerta. Dia juga terdiri beberapa Kritis nya dalam bahasa manipravalam (campuran bahasa Sansekerta, Telugu dan Tamil).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.guruguha.org/
  2. ^ Tritunggal musik Carnatic