Musikal Billy Elliot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Musikal Billy Elliot
Billyelliot-logo.gif
Poster West End
Musik Elton John
Lirik Lee Hall
Naskah Lee Hall
Diangkat dari Film Billy Elliot tahun 2000
Produksi 2005 West End

2007 Sydney
2008 Broadway
2008 Melbourne
2010 US National Tour
2010 Seoul, South Korea
2010 2nd National Tour
2014 Norwegia
2014 Belanda
2015 Denmark
2015 Finlandia
2015 Estonia
2015 Polandia
2015 Islandia
2015-2017 Italia Tour
2016-2017 UK & Irlandia Tour
2016 Malmö opera
2016 Stockholm City Theatre
2017 Hamburg (Tour)

Penghargaan Olivier Award for Best New Musical
Tony Award for Best Musical
Drama Desk Award for Outstanding Musical

Musikal Billy Elliot adalah sebuah musikal yang diangkat dari film Billy Elliot tahun 2000. Musik dalam musikal ini digubah oleh Elton John, dan liriknya berasal dari Lee Hall, yang menulis naskah film aslinya. Musikal ini bercerita tentang seorang anak piatu Billy, yang lebih memilih balet daripada tinju. Kisah perjuangan pribadi dan cita-citanya yang berada di keluarga dan komunitas yang berselisih karena Aksi mogok penambang Inggris (1984–1985) di Kota Durham, di Inggris timur laut. Sebagian skenario Hall terinspirasi oleh novel tahun 1935 karya A. J. Cronin tentang aksi mogok penambang, The Stars Look Down, yang merupakan lagu pembuka musikal sebagai tanda penghormatan[1]

Musikal Billy Elliot tampil perdana di West End pada tahun 2005 dan mendapatkan 9 nominasi di Laurence Olivier Awards, memenangkan 4 penghargaan, termasuk Musikal Baru "Terbaik". Produksi ini masih terus berjalan, dan atas keberhasilannya ini, mereka membuat produksi di Australia, di Broadway dan ditempat lainnya. Di New York, musikal ini memenangkan 10 Tony Awards dan 10 Drama Desk Awards, termasuk, Musikal Terbaik. Musikal ini juga memenangkan berbagai penghargaan di Australia termasuk memenangkan 7 Helpmann Awards.

Billy Elliot the Musical Live telah dirilis di DVD dan Blu-ray pada 24 November 2014 di Britania Raya (Inggris).

Produksi[sunting | sunting sumber]

Produksi Original London[sunting | sunting sumber]

Penampilan Billy di West End dalam rangka Ulang tahun pertunjukan yang ke 5 tahun pada 31 maret 2010

Awalnya musikal ini akan tampil perdana di Tyne Theatre di Newcastle upon Tyne, Inggris. Tetapi, rencana ini dibatalkan karena ada beberapa masalah.[2]

Musikal ini tampil perdana di West End tepatnya di Victoria Palace Theatre, Dibuka untuk pratinjau pada 31 Maret 2005 dan secara resmi pada 11 Mei 2005. Musikal ini ditutup pada tanggal 9 April 2016, karena adanya program perbaikan teater, setelah 4,600 pertunjukan[3][4]. Dilaporkan biaya untuk produksi ini sebesar £5.5 juta (versi film aslinya sebesar $5 juta).[5] Para produser musikal ini adalah Working Title Films, Old Vic Productions Plc dan David Furnish. Musikal ini disutradarai oleh Stephen Daldry dan koreografer oleh Peter Darling, seperti film aslinya. Liam Mower, James Lomas dan George Maguire adalah aktor asli yang berganti-ganti untuk memerankan Billy, dan pemain pendukung termasuk Haydn Gwynne sebagai Ibu Wilkinson dan Tim Healy sebagai Ayah Billy. Set dirancang oleh Ian MacNeil, kostum oleh Nicky Gillibrand, penerangan oleh Rick Fisher, dan suara oleh Paul Arditti. Original cast album dirilis pada 10 Januari 2006.

Musikal ini mendapatkan review yang bagus: the Daily Telegraph Charles Spencer mengatakan "Musikal Inggris terbaik yang pernah saya lihat", dan The Daily Mail juga mengatakan "Sebuah Mahakarya Teater".[6]

Musikal Billy Elliot memenangkan 4 Laurence Olivier Awards: Musikal Baru Terbaik, Aktor Terbaik (penghargaan diberikan untuk James Lomas, George Maguire dan Liam Mower, yang memerankan Billy), Desain suara dan koreografer terbaik. Termasuk memenangkan Evening Standard Award serta Critics Circle Award dan Theatregoers Choice Award, semua penghargaan untuk "Musikal Terbaik".[7] Pada 12 Mei 2006, tiga pemeran original Billy tampil dalam pertunjukkan untuk merayakan ulang tahun pertamanya dan Elton John juga muncul pada akhir pertunjukan.

Pada tahun 2013, musikal ini memenangkan tambahan Olivier Award, BBC Radio 2 Audience Award (dipilih oleh penonton teater) setelah bertahun - tahun menjadi finalis untuk penghargaan.[8]

Pada 8 April 2013, setelah adanya pengumuman bahwa Margaret Thatcher meninggal pada usia 87 tahun, ada ketidakpastian apakah lagu "Selamat Natal, Maggie Thatcher" akan disertakan dalam pertunjukkan atau tidak karena dalam lagu tersebut adanya lirik: "Kita semua merayakan hari ini, karena ini satu hari menuju kematianmu". Sutradara Stephen Daldry mengatakan bahwa setelah "banyaknya diskusi", penonton diberi pilihan untuk menentukan apakah lagu ini tetap ditampilkan di pertunjukkan atau tidak, dan hasilnya hanya 3 penonton yang meminta untuk tidak ditampilkan, maka pertunjukkan dilanjutkan seperti biasanya.[9][10]

Billy Elliot the Musical Live[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2014, diumumkan bahwa musikal ini akan diputar dan disiarkan secara langsung ke bioskop diseluruh Inggris dan dunia.[11] Pada 28 September, pertunjukkan musikal ini disiarkan dan difilmkan di Victoria Palace Theatre ke seluruh bioskop di Inggris dan negara lainnya dengan pemutaran ulang pada tanggal yang berbeda. Liam Mower, salah satu dari tiga aktor original, kembali bermain ke pertunjukkan sebagai Billy Dewasa.[12] Pertunjukkan ini telah dirilis di DVD dan Blu-ray pada 24 November 2014 di Inggris.

Produksi Original Australia[sunting | sunting sumber]

Musikal Billy Elliot dibuka di Teater Capitol, Sydney pada 13 November 2007, disutradarai oleh Daldry, bekerja sama dengan Julian Webber dan koreografer oleh Darling.[13] Rhys Kosakowski, Lochlan Denholm, Rarmian Newton, dan Nick Twiney adalah pemeran Billy yang berganti-ganti dalam setiap pertunjukkan. Produksi ini mendapatkan tanggapan yang baik dan pada Januari 2008, musikal ini memenangkan "Musikal Terbaik" di Sydney Theatre Awards.[14] Musikal ini juga memenangkan 7 Helpmann Awards, seperti penghargaan untuk Musikal Terbaik, Sutradara Terbaik, Koreografer Terbaik, Aktris Terbaik (Genevieve Lemon sebagai Ibu Wilkinson) dan Aktor Terbaik, diberikan kepada 4 orang yang berperan sebagai Billy Elliot.[15] Produksi ini berakhir di Sydney pada 9 November 2008.

Produksi Musikal Billy Elliot Sydney ditransfer ke Teater Her Majesty, Melbourne. Dibuka pada 13 Desember 2008.[16] Produksi Musikal Billy Elliot Melbourne berakhir pada 14 Juni 2009 setelah sukses berjalan.[17]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bagian I[sunting | sunting sumber]

Di County Durham, pada 1984 - 1985 terjadi aksi mogok penambang Inggris ("The Star Look Down"). Seorang anak piatu berumur 11 tahun, Billy pada suatu hari datang terlambat di kelas tinju dan ketika waktu berakhir, ia pun harus tinggal di kelas untuk berlatih sendiri. Ia juga diberi tugas untuk memberikan kunci kepada Ibu Wilkinson, seorang guru balet yang akan menggunakan kelas itu juga. Beberapa saat kemudian datang sekelompok gadis - gadis yang akan mengikuti balet, beserta Ibu Wilkinson dan Pak Braithwaite. Ketika ia akan memberikan kunci kepada Ibu Wilkinson, ternyata ia tertarik untuk mengikuti tarian yang sedang mereka lakukan ("Shine"). Rahasianya tentang hal itu tetap terjaga. Ketika ia pulang ke rumah, satu - satunya orang yang ada di rumah adalah neneknya. Neneknya menceritakan tentang hubungan yang kasar dengan suaminya yang telah meninggal dan neneknya juga menyukai menari, yang membuat semuanya tetap baik - baik saja ("Grandma's Song").

Sementara saudaranya, ayah, dan orang lain sedang mogok dan bentrok dengan polisi, Billy terus mengikuti kelas menari dan tetap menjaga rahasia dari keluarganya ("Solidarity"). Selama pertunjukkan, realitas kekerasan pemogokan diselingi dengan latihan balet.

Pada akhirnya, Mr. Elliot (Ayah) menemukan Billy di kelas balet dan melarang dia untuk mengikuti kelas itu lagi. Ibu Wilkinson, yang mengakui adanya bakat Billy, secara pribadi menyuruh Billy untuk mengikuti audisi di Royal Ballet School di London. Untuk mempersiapkan audisi, Ibu Wilkinson menawarkan pelajaran private gratis kepada Billy. Billy tidak yakin apa yang akan dia lakukan sehingga dia mengunjungi sahabatnya Michael untuk meminta saran. Billy menemui Michael sedang mengenakan gaun. Michael membujuk Billy untuk bersenang - senang dengan dia dengan memakai pakaian wanita dan meremehkan suatu penghalang yang ketat dari masyarakat kelas pekerja ("Expressing Yourself").

Billy datang pertama kalinya untuk pelajaran private baletnya dengan membawa barang - barang yang dapat menginspirasinya untuk mengikuti audisi ("The Letter(Mum Letter)"). Dia mulai belajar dengan Ibu Wilkinson ketika dia mengembangkan latihannya untuk audisi ("Born To Boogie").

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

Pemeran Original[sunting | sunting sumber]

Karakter Pemeran Original London[18] Pemeran Original Broadway Pemeran Original Australia Pemeran Billy Elliot Live[19]
Billy Elliot Liam Mower

James Lomas
George Maguire

Kiril Kulish

David Álvarez
Trent Kowalik

Rhys Kosakowski

Lochlan Denholm
Rarmian Newton
Nick Twiney

Elliott Hanna
Ibu Wilkinson Haydn Gwynne Genevieve Lemon Ruthie Henshall
Ayah Tim Healy Gregory Jbara Richard Piper Deka Walmsley
Tony Joe Caffrey Santino Fontana Justin Smith Chris Grahamson
Nenek Ann Emery Carole Shelley Lola Nixon Ann Emery
Pak Braithwaite Steve Elias Thommie Retter John Xintavelonis David Muscat
George Trevor Fox Joel Hatch Linal Haft Howard Crossley
Ibu Stephanie Putson Leah Hocking Samantha Morley Claudia Bradley
Billy Dewasa Issac James Stephen Hanna Joshua Horner Liam Mower
Michael Ryan Longbottom

Ashley Luke Lloyd
Brad Kavanagh

David Bologna

Frank Dolce

Thomas Doherty

Landen Hale-Brown
Scott Eveleigh
Joel Slater

Zach Atkinson
Debbie Lucy Stephenson

Emma Hudson
Brooke Havana Bailey

Erin Whyland Shannon Joliff

Fiona Booker
Kelsi Boyden
Taylor-Rose Campanella

Demi Lee

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bill and Lee’s excellent adventures" The Scotsman (Edinburgh), 2 January 2002
  2. ^ Lathan, Peter (29 July 2004). "No Newcastle Premiere for Billy Elliot". The British Theatre Guide. Diakses tanggal 10 July 2011. 
  3. ^ "Billy Elliot pirouettes out of the West End" Best of Theatre 10 Desember 2015
  4. ^ Lloyd Webber, Imogen. "Billy Elliot Will Dance Out of London: Long-Running Musical Sets West End Closing Date", Broadway.com, 10 Desember 2015
  5. ^ Shoard, Catherine."
  6. ^ Official Website - West End press reviews billyelliotthemusical.com
  7. ^ "Billy Elliot - The Musical to open at the Imperial Theatre on 16 Oct".
  8. ^ OlivierAwards.com, checked 22 June 13
  9. ^ "Margaret Thatcher death song goes ahead in Billy Elliott musical". BBC News. 9 April 2013. 
  10. ^ "West End audience votes to keep ironic 'Merry Christmas Maggie Thatcher' in show". USA Today. 9 April 2013. 
  11. ^ "Billy Elliot The Musical to Be Screened Live to Cinemas in U.K. and Around the World". Playbill. 
  12. ^ "Original Billy returns for one-off performance!". Best of Theatre. 31 July 2014. 
  13. ^ Hernandez, Ernio.playbill article, 13 December 2007, "Elton John and Lee Hall Take a Bow at Billy Elliot's Australian Opening Dec. 13" playbill.com, 13 December 2007
  14. ^ "Review of the Sydney production"Variety (requires registration)
  15. ^ "2008 Helpmann Awards Winners" helpmannawards.com.au, 28 July 2008
  16. ^ "Billy Elliot to dance into Melbourne, Australia" performingartskids.com[pranala nonaktif]
  17. ^ Griffin, Michelle, "It's goodbye Billy, hello Her Majesty's rebuild", The Age (Melbourne, Australia), 15 June 2009, NEWS, p. 1
  18. ^ "UK News: Re-scheduled Previews and Casting for Billy Elliot" BroadwayWorld.com, 16 March 2005
  19. ^ Stephen Daldry (Theatre show Director) (28 October 2014). Billy Elliot Live (Live Theatre Event). London, UK: Universal Pictures.