Musik Britania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Musik Dansa

Musik Britania (Musik Inggris Raya) merupakan musik yang bermula dari musik dansa yang dimainkan oleh orang biasa [1]. Musik ini berkembang dari satu desa ke desa lainnya dan diwariskan dari generasi ke generasi [1]. Selama tiga puluh tahun terakhir musik pop Britania telah memimpin dunia melalui berbagai tren baru [1]. Selain itu, Britania bersama Amerika Serikat merupakan negara yang berkontribusi dalam pengembangan musik rock and roll dan Britania telah melahiran beberapa grup musik terkenal, seperti The Beatles [1]. Britania juga pelopor lahirnya grup musik punk pada tahun 1970-an, seperti Sex Pistols dan The Clash [1].

Inggris[sunting | sunting sumber]

Sejak awal, musik Inggris sudah sangat beragam, terdiri dari musik keagamaan, musik rakyat, musik klasik dan gaya lainnya [2]. Ada musik yang didesain untuk kalangan elite dan ada juga yang didesain untuk kelas pekerja serta kalangan miskin [2]. Musik Inggris sangat dipengaruhi oleh pergerakan Eropa [2]. Namun, ada juga tren dan gaya yang berasal dari dalam negeri sendiri, seperti nyanyian Celtic dan lagu-lagu abad pertengahan [2].

Selama abad ke-16, reformasi gereja melanda Inggris sehingga terjadi peningkatan terhadap musik keagamaan [2]. Peristiwa ini memaksa musisi lokal dan komposer untuk menciptakan gaya yang berbeda untuk musik keagamaan, musik nasionalisme dan musik lainnya [2]. Abad ke-17 dan ke-18 merupakan era Baroque yang ditandai dengan musik klasik formal yang ornamental, dramatis dan kompleks [2]. Gaya Baroque khususnya populer di kalangan bangsawan dan elite [2]. Pada abad pertengahan sampai terjadi industrialisasi pada abad 19 dan 20 berkembang musik rakyat [2]. Gaya musik rakyat biasanya melibatkan kombinasi dari lagu dan tarian [2].

Pada tahun 1800-an musik dengan instrumen perkusi diperkenalkan dan digunakan untuk menyampaikan gaya musik yang lebih menyenangkan dan modern [2]. Hal ini disebabkan oleh perubahan sosial dan ekonomi yang dialami Inggris kala itu [2]. Selama tahun 1930-an, musik jazz Amerika masuk ke pasar musik Inggris [2]. Hal ini memaksa grup musik lokal dan berbagai musisi untuk bereksperimen dengan genre musik yang baru [2]. Di radio, mulai muncul berbagai lagu dansa populer dan di setiap sebuah perayaan ditandai dengan adanya musik yang dinamis dan bersemangat [2].

Pada tahun 1962, orang Inggris biasa menggunakan musik sebagai ekspresi keriangan dan kebahagiaan [2]. Namun, The Beatles menunjukkan perspektif yang sama sekali baru pada musik [2]. Grup musik tahun 1960-an ini merupakan yang paling populer pada masanya, memikat kalangan muda dan kalangan tua dengan penampilan mereka serta lagu-lagu yang menembus tangga lagu internasional [2]. The Beatles yang terdiri dari John Lennon, George Harrison, Paul McCartney dan Ringo Starr telah merevolusi musik Inggris [2]. Sejak saat itu, bermunculan berbagai musisi besar di Inggris, seperti The Rolling Stones, Queen, Elton John, George Michael, Blur, Robbie Williams, Oasis, Radiohead dan Muse [2].

Wales[sunting | sunting sumber]

Wales memperoleh reputasi sebagai "tanah lagu" (land of song) pada abad ke-19 melalui paduan suara Nonconformist dan Eisteddfodou [3]. Pada abad ke-18 terjadi kebangkitan gerakan Methodist dan bernyanyi sebagai bagian penting dari pengalaman [3]. Banyak himne yang di tulis saat itu populer di seluruh dunia [3]. Misalnya saja himne yang ditulis oleh William William yang berjudul Guide Me [3]. Lagu tersebut bahkan telah diterjemahkan ke dalam 75 bahasa [3]. Himne tetap populer di Wales meskipun telah terjadi penurunan jumlah orang yang menghadiri kapel [3]. Himne terutama populer dalam pertandingan rugbi [3].

Skotlandia[sunting | sunting sumber]

Skotlandia terkenal dengan musik rakyatnya yang tetap populer di dunia pada abad ke-20 [4]. Hal ini dipengaruhi oleh musik tradisional Inggris dan Irlandia [4]. Selain itu, Skotlandia tetap mempertahankan aspek tradisionalnya di tengah keberagaman yang meningkat akibat migrasi penduduk ke negara ini [4]. Bentuk musik rakyat di Skotlandia sangat cair [4]. Hal ini membuat seniman bisa mencampurkan jenis musik yang sama sekali berbeda [4]. Musik rakyat Skotlandia mempunyai sejarah yang panjang dalam tradisi dan jenisnya [4]. Musik di negara ini relatif tidak berubah, setidaknya sampai abad ke-15 meskipun banyak ancaman terhadap budaya tradisional Skotlandia [4]. Dari musik Ballad (musik balada) dan Laaments ke musik yang mengandung tari-tarian, musik Skotlandia tetap menjadi musik rakyat terbaik di dunia [4].

Irlandia[sunting | sunting sumber]

Musik tradisional Irlandia telah dikenal di dunia [5]. Musik ini telah memperoleh pengakuan pada skala internasional meskipun hanya hanya dalam dua dekade terakhir [5]. Irlandia juga terkenal dengan alat musik harpa [5]. Alat musik ini sangat dominan dalam musik Irlandia pada abad ke-10 sampai abad ke-17 [5]. Lalu, pada tahun 1900-an dikenal sebagai tahun kebangkitan musik tradisional Irlandia [5]. Masa keemasan musik tradisional tersebut terjadi pada tahun 1970-an.

Referensi[sunting | sunting sumber]