Music Station

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Music Station
Pembawa acaraTamori, Yoshie Takeuchi
NegaraBendera Jepang Jepang
Produksi
Durasi54 menit
Rilis
Jaringan penyiarBendera Jepang TV Asahi
Bendera Filipina NBN-4, Animax
Tanggal rilis24 Oktober 1986 –
sekarang
Pranala luar
Situs web

Music Station (ミュージックステーション), populer dengan singkatan M Sute atau M Station adalah acara musik yang dibawakan secara live di studio TV Asahi, Jepang setiap Jumat pukul 20.00-20.54 JST. Pembawa acaranya bernama Tamori yang dipasangkan dengan penyiar wanita bernama Yoshie Takeuchi.

Acara ini menampilkan penyanyi dan grup musik Jepang yang sedang populer, dan artis luar negeri yang sedang melakukan tur atau promosi di Jepang. Artis luar negeri yang tampil di tayangan perdana Music Station adalah Jackie Chan. Kelompok asal Tiongkok, Twelve Girls Band pernah tampil sebanyak 4 kali, diikuti Bon Jovi, O-Zone, dan Avril Lavigne, masing-masing sebanyak tiga kali.

Sejak bulan Maret 2007, acara ini bisa disaksikan pemirsa di Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan melalui saluran Animax.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertama kali ditayangkan 24 Oktober 1986, tayangan perdana hingga Maret 1987 dibawakan oleh Hiroshi Sekiguchi bersama Rie Nakahara dan Yū Hayami. Acara ini mulanya menampilkan artis J-pop yang disenangi pemirsa usia muda, sekaligus artis Enka yang disukai pemirsa usia 40 tahun. Namun acara ini kalah bersaing dengan film seri Taiyō ni Hoero! dan acara variety Istana Takeshi yang ditayangkan pada waktu yang sama di saluran televisi lain. Sekiguchi kemudian tidak lagi menjadi pembawa acara, dan sejak April 1987 digantikan oleh Tamori. Sebelumnya Tamori pernah membawakan acara Yume no Big Studio, dan sebagai pembawa acara tidak tetap pada acara musik The Best Ten.

Segmen bagi penyanyi Enka dikurangi perlahan-lahan sejak tahun 1988, dan pemirsa muda usia merupakan target utama Music Station sejak tahun 1990-an. Pendatang baru yang diperkirakan bermasa depan cerah diperkenalkan dalam segmen acara yang disebut Young Guns sejak 18 Februari 2005.

Segmen acara[sunting | sunting sumber]

  • Tangga singel mingguan
Segmen ini berisi pengumuman singel dengan angka penjualan terbanyak dalam seminggu (Best 10) di Jepang. Tangga singel yang diumumkan berbeda urutan dengan tangga singel Oricon, karena data yang digunakan berasal dari perusahaan riset yang berbeda. Data penjualan dikumpulkan mulai hari Jumat hingga Kamis.
  • Tangga lagu iTunes Store
  • Tangga nada dering
  • Tangga album
  • Tangga DVD

Artis pendatang baru (Young Guns)[sunting | sunting sumber]

Pertama kali mengudara tahun 2005, segmen Young Guns hanya dimunculkan secara sporadis bila ada artis baru yang diperkirakan bermasa depan cerah.

Young Guns tahun 2009
Young Guns tahun 2016

Pranala luar[sunting | sunting sumber]