Museum Toleransi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Museum Toleransi (bahasa Inggris: Museum of Tolerance) adalah sebuah museum multimedia yang dirancang untuk mengkaji rasisme dan prasangka di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, dengan fokus yang kuat terhadap sejarah Holocaust. Museum ini disponsori oleh Simon Wiesenthal Center.

Los Angeles[sunting | sunting sumber]

Museum yang asli terletak di Los Angeles, California, dan diresmikan pada 1993. Setiap tahun museum ini dikunjungi oleh sekitar 350.000 pengunjung, sepertiga di antaranya adalah anak-anak usia sekolah. Ruangan yang paling banyak dibicarakan dari museum ini adalah "Bagian Holocaust." Di sini pengunjung dibagi ke dalam kelompok-kelompok, lalu mengambil tempat mereka masing-masing dalam suatu peristiwa dari Perang Dunia II. Dengan demikian pengunjung dapat menghayati pengalaman yang dirasakan oleh orang-orang yang terlibat dalam peristiwa itu puluhan tahun yang lalu. Pengalaman ini kemudian diceritakan kepada orang lain dalam suatu diskusi setelah itu.

Museum ini juga menampilkan kesaksian dari mereka yang berhasil hidup dalam Holocaust, seringkali dari para relawan yang mengisahkan pengalaman mereka dan menjawab berbagai pertanyaan.

Selain itu, museum ini juga menampilkan "Tolerancenter" (Pusat Toleransi) yang mengangkat masalah-masalah prasangka dalam kehidupan sehari-hari, sebuah Pusat Belajar Multimedia, kumpulan arsip dan dokumen, berbagai pameran sementara, dan program Seni dan Ceramah.

Sebuah satire tentang museum ini ditampilkan dalam film kartun South Park episode 614 The Death Camp of Tolerance (Kamp Maut Toleransi).

Museum terkait[sunting | sunting sumber]

Museum kedua, New York Tolerance Center (Pusat Toleransi New York) dibuka pada bulan September 2003. Museum ketiga, yang akan dinamai Center for Human Dignity (Pusat untuk Martabat Kemanusiaan), direncanakan akan dibuka di Yerusalem pada 2007.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]