Museum Nasional Rashid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Nasional Rashid, kota Rashid, Kegubernuran Al Buhayrah, Mesir.

Museum Nasional Rashid yang terletak di kota Rashid (dalam bahasa Inggris terkadang disebut "Rosetta"), yang berlokasi di pinggir barat mulut sungai Nil yang menuju ke Laut Mediterania, sekitar 65 km timur laut dari Iskandariyah, termasuk dalam wilayah Kegubernuran Al Buhayrah, Mesir.

Museum ini berarsitektur Islam, kota Rashid sendiri adalah pemukiman yang terkenal di masa Kesultanan Utsmaniyah abad ke-18 dan ke-19. Kota Rashid selain terkenal karena menjadi tempat ditemukannya Batu Rosetta, tepatnya di benteng Qaitbay pada 1799, juga merupakan kota terbesar kedua yang banyak memiliki monumen dan bangunan bercorak Islam, setelah Kairo.

Museum berlantai empat ini, yang dulunya merupakan salah satu rumah terbesar di kota ini dan pernah dipakai sebagai sarana pendidikan, memiliki koleksi selain koin, tembikar, lukisan, kerajinan tangan, senjata, manuskrip, peralatan sehari-hari yang digunakan masyarakat pada saat itu, juga menampilkan karakteristik dan model rakyat kota Rashid ketika berperang melawan penjajah Prancis serta Inggris, dan tentu saja tiruan Batu Rosetta dapat dilihat di museum ini.

Ruang tamu.
Ruang ekshibisi.

Sumber[sunting | sunting sumber]