Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Museum ini berada di ujung selatan kawasan pariwisata terkenal Malioboro dan di seberang Museum Benteng Vredeburg. Penduduk lokal menyebut museum ini dengan nama Gedung Agung.[1] Di dalamnya terdapat beberapa bangunan yaitu gedung utama sebagai tempat pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY serta acara resmi lainnya. Selain itu, terdapat juga beberapa wisma sebagai tempat penginapan tamu-tamu penting antara lain Wisma Negara, Wisma Sawojajar, Wisma Indraprasta, dan Wisma Saptapratala. Museum terbuka untuk umum pada hari Senin sampai Kamis. Pengunjung memasuki museum melalui pintu utara Gedung Agung lalu melewati pos pemeriksaan keamanan. Tidak terdapat pungutan biaya masuk, hanya saja pengunjung perlu melakukan reservasi terlebih dahulu.

Gedung Agung[sunting | sunting sumber]

Beranda depan Gedung Agung

Gedung Agung memiliki gaya arsitektur indis ditandai dengan keberadaan pilar-pilar pada bagian beranda dan pintu-pintu yang berukuran masif. Fasad bangunan menghadap ke arah timur. Pada bagian depan Gedung Agung terdapat sebuah taman berbentuk lingkaran yang dihias dengan berbagai macam koleksi bersejarah seperti arca dan dagoba. Pada bagian dalam Gedung Agung terdapat banyak koleksi barang seni yang bernilai sangat tinggi seperti lukisan karya Basuki Abdullah, Soedjojono, Affandi, Dullah, dan masih banyak lagi. Setiap ruangan pada Gedung Agung memiliki fungsinya masing-masing. Ruangan Garuda berfungsi sebagai tempat menyambut tamu-tamu negara dan melantik Gubernur beserta Wakil Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (2017). Museum di Yogyakarta Jendela Memaknai Zaman. Yogyakarta: Penulis. hlm. 87.