Mujhse Shaadi Karogi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mujhse Shaadi Karogi
The poster features two young men pursuing a woman with sand and black themed colour in the background. Text at the bottom of the poster reveals the tagline of the film while the text at the bottom of the poster reveals the title, name of the director, name of the producer, name of the distributor, the release date and the rest of the credits.
Poster rilis
SutradaraDavid Dhawan
ProduserSajid Nadiadwala
Ditulis olehAnees Bazmee
SkenarioRumi Jaffery
PemeranSalman Khan
Akshay Kumar
Priyanka Chopra
Penata musikLagu:
Sajid–Wajid
Anu Malik
Skor:
Salim–Sulaiman
SinematograferSanjay F. Gupta
PenyuntingNitin Rokade
Perusahaan
produksi
Nadiadwala Grandson Entertainment
DistributorUTV Motion Pictures (India)
Eros International (Internasional)
Tanggal rilis
  • 30 Juli 2004 (2004-07-30)
Durasi161 menit[1]
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran15 crore[2]
Pendapatan
kotor
56 crore[2]

Mujhse Shaadi Karogi (Bahasa Indonesia: Maukah Kamu Menikah Denganku?) adalah sebuah film India tahun 2004 yang disutradarai oleh David Dhawan dan diproduksi oleh Sajid Nadiadwala. Film ini dibintangi oleh Salman Khan, Akshay Kumar dan Priyanka Chopra dengan Amrish Puri, Kader Khan, Satish Shah dan Rajpal Yadav dalam peran pendukung. Bertempat terutama di Goa, Mujhse Shaadi Karogi mengikuti petualangan dua pria (Khan dan Kumar) yang mencoba memenangkan hati seorang wanita (Chopra).

Ingin menemukan kembali jati dirinya, Dhawan memutuskan untuk membuat film yang tampilan dan nuansanya akan menyimpang dari komedi pasar massal khasnya, mendekatinya sebagai komedi romantis. Skenario ini ditulis oleh kolaborator lama Dhawan Anees Bazmee dan Rumi Jaffery. Meskipun film tersebut berlatar di Goa, pengambilan gambarnya tidak dilakukan di sana. Sebaliknya, fotografi utama dilakukan pada dua set detail yang dibuat oleh Sharmishta Roy di Film City, Mumbai dan Mauritius. Selain itu, beberapa adegan dan lagu difilmkan di lokasi di Mauritius.

Mujhse Shaadi Karogi dirilis pada 30 Juli 2004 dan mendapat ulasan positif dengan pujian atas arahan, penampilan, musik, sinematografinya, arahan seni, kostum dan gaya. Dengan pendapatan kotor box-office sebesar 565 juta, film tersebut menjadi film India dengan pendapatan kotor tertinggi keempat tahun ini. Mujhse Shaadi Karogi dinominasikan untuk tiga Filmfare Awards. Film ini meraih 13 nominasi utama di Penghargaan IIFA ke-6, termasuk Best Film, Sutradara Terbaik (Dhawan), Aktor Terbaik (Khan) dan Aktris Terbaik (Chopra), memenangkan lima penghargaan. Film ini menerima 10 nominasi Screen Awards, termasuk Film Terbaik.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mujhse Shaadi Karogi (2004)". British Board of Film Classification. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 June 2017. Diakses tanggal 20 December 2016. 
  2. ^ a b "Mujhse Shaadi Karogi – Movie". Box Office India. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]