Coolie No. 1 (film 2020)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Coolie No. 1
SutradaraDavid Dhawan
ProduserVashu Bhagnani, Jackky Bhagnani, Deepshikha Deshmukh
SkenarioRumi Jaffrey
Farhad Samji
Berdasarkan
Coolie No. 1 oleh P. Kalaimani dan Kader Khan
Pemeran
Penata musikSkor:
Salim–Sulaiman
Lagu:
Tanishk Bagchi
Lijo George – DJ Chetas
Javed – Mohsin
Salim–Sulaiman
SinematograferRavi K. Chandran
PenyuntingRitesh Soni
Perusahaan
produksi
DistributorAmazon Prime Video
Tanggal rilis
  • 25 Desember 2020 (2020-12-25)[1]
Durasi135 menit
NegaraIndia
BahasaHindi

Coolie No. 1 adalah film komedi India tahun 2020 yang disutradarai oleh David Dhawan dan diproduksi oleh Vashu Bhagnani. Sebuah remake dari Film tahun 1995 dengan nama yang sama, yang merupakan remake dari 1991 Film Telugu dengan nama yang sama,[2][3] film ini dibintangi Varun Dhawan dan Sara Ali Khan, dengan Paresh Rawal sebagai peran pendukung. Fotografi utama dimulai pada 8 Agustus 2019 di Bangkok. Film ini direncanakan untuk dirilis di bioskop di India pada 1 Mei 2020, tetapi ditunda karena pandemi COVID-19.[4][5] Kemudian, itu dirilis pada 25 Desember, selama Natal di Amazon Prime Video.[1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pandit Jai Kishen membawa keluarga calon pengantin pria untuk Sarah Rosario. Tetapi ketika ayahnya Jeffrey mengetahui bahwa keluarga itu tidak kaya raya, dia menghina Jai Kishen. Jai Kishen bersumpah untuk memberi Jeffrey pelajaran atas kesombongan dan kebanggaannya.

Dalam perjalanan pulang, Jai Kishen menabrak Raju, stasiun kereta kuli yang dengan bangga memakai lencananya - "Kuli No. 1". Raju dikenal di antara sesama kuli karena heroik, baru-baru ini menangkap pengedar narkoba Mahesh. Ketika Raju terpesona oleh foto Sarah, Jai Kishen menyusun rencana agar kuli malang itu menikah dengan Sarah Rosario dan membalas dendam. Dengan bimbingan Jai Kishen dan bantuan teman mekaniknya Deepak, Raju berperan sebagai pangeran Singapura, Kunwar Raj Pratap Singh dan memenangkan hati Sarah. Dalam prosesnya, saudara perempuan Sarah, Anju, jatuh cinta pada Deepak.

Jeffrey Rosario menikahkan Sarah dengan Raju, tanpa mengetahui bahwa ia hanyalah seorang kuli yang malang. Ketika Raju kembali ke rumah dengan Sarah setelah pernikahan, dia berpura-pura bahwa "ayahnya" Mahendra Pratap Singh telah mengusirnya dari rumah karena menikah tanpa persetujuannya. Sarah mencoba memanfaatkan situasi yang ada dengan menghibur Raj, yang membuatnya merasa bersalah.

Masalahnya menjadi dua kali lipat ketika Jeffrey datang ke kota untuk mengunjungi putri dan menantunya tetapi melihat Raju sebagai kuli di stasiun kereta. Jeffrey membuat keributan, mengatakan bahwa Raju adalah penipu yang menyamar sebagai pangeran kaya dan menikahi putrinya. Secara spontan, Raju berpura-pura tidak mengenali Jeffrey dan mengusirnya. Raju pulang dengan berpakaian seperti Raj dan menjelaskan bahwa Jeffrey pasti telah melihat saudara kembarnya Raju yang dibuang ayahnya karena kecanduan minum dan judi. Jeffrey membeli cerita ini dan memutuskan untuk membuat Anju menikah dengan Raju, sehingga kedua putrinya akan hidup kaya raya.

Raju terus mendapat masalah karena dia hanya bisa berada di satu tempat pada satu waktu. Salah satu insiden tersebut memaksa Raju, Sarah dan Jeffrey Rosario untuk mengajukan keluhan hilang kepada Kunwar Raj Pratap Singh. Inspektur Jagjit Godbole menjadi skeptis terhadap situasi tersebut dan mulai percaya bahwa Raju dan kembarannya Raj adalah orang yang sama. Untuk mencegah masalah lebih lanjut, Deepak menyarankan agar dia "membunuh" Raju. Menerima saran ini, Raju melemparkan lencana "Kuli No. 1" ke dalam mobil yang dia dan Deepak dorong ke jurang, ke dalam danau. Namun, saat mobil ditemukan tetapi tidak ada mayat yang ditemukan, kecurigaan Inspektur Godbole terkonfirmasi.

Mahesh tidak diakui oleh ayahnya Mahendra Pratap Singh karena aktivitas kriminalnya. Untuk membalasnya dan Raju, Mahesh menusuk Mahendra dan menjebak Raju untuk hal yang sama. Inspektur Godbole datang untuk menangkapnya, tapi Raju memberitahunya bahwa Mahendra masih hidup dan membutuhkan perawatan medis kritis, setelah itu dia lolos dari tahanan polisi. Raju berlari ke Deepak dan keduanya menyusun rencana untuk berpura-pura menjadi perawat untuk menyelamatkan nyawa Mahendra, karena itulah satu-satunya bukti Raju tidak bersalah. Di rumah sakit, Inspektur Godbole memberi tahu Jeffrey, Sarah dan Anju bahwa Raju hanyalah seorang kuli yang berpura-pura menjadi Kunwar Raj Pratap Singh.

Saat mencoba menyelamatkan Mahendra Pratap Singh, Raju dan Deepak bertemu Sarah dan Anju. Raju mengakui penipuannya pada Sarah, dan Sarah memaafkannya. Jeffrey dan Sarah membantu Raju dan Deepak menghentikan Mahesh untuk membunuh Mahendra. Begitu dia sadar, Mahendra mengumumkan bahwa sejak Raju menyelamatkan hidupnya, dia seperti anak baginya. Anju juga mengumumkan cintanya pada Deepak. Ketika Jeffrey menangis karena menantu laki-lakinya menjadi kuli dan mekanik, Jai Kishen datang dan memberi tahu Jeffrey bahwa itu pasti akan terjadi pada seseorang yang begitu sombong dan bangga dengan kekayaannya. Jai Kishen menjelaskan bahwa untuk pernikahan yang bahagia, kekayaan tidak dibutuhkan - cinta itu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Fotografi utama film dimulai di Bangkok pada Agustus 2019.[10][11] Pembuatan film juga berlangsung di India Goa.[12][13] Syuting selesai pada Februari 2020 dan dijadwalkan rilis pada 1 Mei 2020.[14][15][16] Namun, karena pandemi COVID-19, film tersebut melewatkan rilis teatrikal dan disiarkan di Amazon Prime Video pada tanggal 25 Desember 2020.[17]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Coolie No. 1
Album lagu tema karya Tanishk Bagchi, Lijo George – DJ Chetas, Javed – Mohsin dan Salim–Sulaiman
Dirilis22 Desember 2020[18]
GenreFeature film soundtrack
Durasi21:57
BahasaHindi
LabelZee Music Company
Tips Music
Official audio
Coolie No. 1 - Full Album di YouTube

Musik film itu disusun oleh Tanishk Bagchi, Lijo George – DJ Chetas, Javed – Mohsin dan Salim – Sulaiman sedangkan liriknya ditulis oleh Sameer Anjaan, Rashmi Virag, Shabbir Ahmed, Danish Sabri, Ikka dan Farhad Samji.

Dua lagu populer dari Coolie No. 1 (film 1995), "Husn Hai Suhana" dan "Main Toh Raste Se Jaa Raha Tha", aslinya dibuat oleh Anand-Milind dan ditulis oleh Sameer dibuat ulang untuk film dengan vokal dan penyanyi asli dipertahankan.[19][20][21]

Daftar lagu
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Teri Bhabhi"Danish SabriJaved – MohsinDev Negi, Neha Kakkar, Javed–Mohsin3:22
2."Husnn Hai Suhaana New"Sameer AnjaanTanishk BagchiChandana Dixit, Abhijeet Bhattacharya4:27
3."Mummy Kassam"Shabbir Ahmed, IkkaTanishk BagchiUdit Narayan, Ikka, Monali Thakur3:32
4."Mirchi Lagi Toh"Sameer AnjaanLijo George – DJ ChetasKumar Sanu, Alka Yagnik5:22
5."Tere Siva"Rashmi ViragTanishk BagchiRenessa Das, Ash King3:07
6."Coolie No. 1" (Title Track)Farhad SamjiSalim–SulaimanRaj Pandit2:07
Durasi total:21:57

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini direncanakan untuk dirilis di bioskop di India pada 1 Mei 2020, tetapi ditunda karena pandemi COVID-19.[4][5]

Namun karena pandemi tidak kunjung mereda, film tersebut dirilis langsung di Amazon Prime Video pada tanggal 25 Desember 2020, bertepatan dengan Natal.[1]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Shubhra Gupta dari Indian Express memberi peringkat 1 dari 5 bintang, menyebutnya sebagai "nol dengan, tanpa bakat".[22] Taran Adarsh dari Bollywood Hungama memberi peringkat 3,5/5 bintang, menyebutnya lucu dan menghibur.[23] Menulis untuk Film Companion, Anupama Chopra menyebut film itu "ofensif dan tidak lucu".[24] Hindustan Times memberi peringkat film itu 1/5 bintang dan menyebut film itu menipu lemah dari aslinya.[25]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Coolie No. 1, Durgavati, Chhalaang among films to release directly Amazon Prime Video India". First Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-09. 
  2. ^ Palat, Lakshana N. (August 12, 2019). "Judwaa 2, Coolie No 1. Why is David Dhawan remaking his films? Are we back to the 90s?". India Today. Diakses tanggal 2020-11-29. 
  3. ^ "Remake of Coolie No. 1 a new film: David Dhawan". Outlook. 3 July 2019. Diakses tanggal 29 November 2020. Initially, he thought of me as a kid and one day, called me out of the blue to ask if I had seen the Tamil film Chinna Mapillai, and that we should remake it. 
  4. ^ a b "Coolie No 1: Varun Dhawan shares first-look posters on Sara Ali Khan's birthday". India Today. Diakses tanggal 2019-08-12. 
  5. ^ a b World, Republic. "Varun Dhawan-Sara Ali Khan starrer 'Coolie No. 1' postponed due to coronavirus?". Republic World. 
  6. ^ "Rajpal Yadav joins cast of 'Coolie No. 1' remake". www.msn.com. Diakses tanggal 2019-08-12. 
  7. ^ Taneja, Parina (2019-07-20). "Johny Lever joins Sara Ali Khan and Varun Dhawan in David Dhawan's Coolie No. 1". www.indiatvnews.com. Diakses tanggal 2019-08-12. 
  8. ^ "Varun Dhawan welcomes Sahil Vaid in Coolie No 1: Back with my all time best friend". India Today. 2019-10-02. Diakses tanggal 2019-11-23. 
  9. ^ "Veere Di Wedding's Shikha Talsania in Coolie No 1. Varun Dhawan has the best welcome message". India Today. 2019-09-02. Diakses tanggal 2019-11-23. 
  10. ^ "Coolie No. 1: Varun Dhawan, Sara Ali Khan's comedy goes on the floors in Thailand". Firstpost. 7 August 2019. 
  11. ^ "Varun Dhawan and Sara Ali Khan's Coolie No 1 kicks off in Bangkok. Watch video". India Today (dalam bahasa Inggris). 
  12. ^ "Varun and David Dhawan are doing all things Goa on Coolie No 1 shoot. Ranveer Singh approves". India Today (dalam bahasa Inggris). 
  13. ^ "Sara Ali Khan, Varun Dhawan Have a Blast as They Shoot for Coolie No 1 on Beach, Watch BTS Video". News18 (dalam bahasa Inggris). 20 February 2020. 
  14. ^ "Coolie No 1 wraps up: Varun Dhawan cuts a healthy cake, Sara Ali Khan bids Goa goodbye". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 21 February 2020. 
  15. ^ "Coolie No 1: Varun Dhawan Wraps The Film And Celebrates It With Pancakes". NDTV.com. 
  16. ^ "Sara Ali Khan thanks Varun Dhawan after Coolie No 1 wrap: Will miss irritating you constantly". India Today (dalam bahasa Inggris). 
  17. ^ "Varun Dhawan calls Joe Biden 'hamare naye dost' in his 'Coolie No 1' look". DNA India (dalam bahasa Inggris). 8 November 2020. 
  18. ^ "Coolie No. 1 – Original Motion Picture Soundtrack". Jiosaavn. 
  19. ^ "Coolie No 1: Motion poster of David Dhawan's remake, starring Varun Dhawan, Sara Ali Khan, unveiled". Firstpost. 11 August 2019. 
  20. ^ "David Dhawan's Wife and Varun Dhawan's Mom Karuna Launches 'Coolie No. 1'". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-13. Diakses tanggal 2021-01-05. 
  21. ^ "'Coolie No. 1' remake: Makers to recreate 'Main Toh Raste Se Jaa Raha Tha' and 'Husn Hai Suhana' songs for the film". Times of India. 2 January 2020. [pranala nonaktif permanen]
  22. ^ "Coolie No 1 review: Zero wit, no flair". The Indian Express (dalam bahasa Inggris). 2020-12-25. Diakses tanggal 2020-12-25. 
  23. ^ Hungama, Bollywood. "Coolie No.1 Review 3.5/5 : Varun Dhawan & Sara Ali Khan's COOLIE NO. 1 is atypical David Dhawan entertainer — crazy, outrageous and over the top — but funny and entertaining" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-25. 
  24. ^ Chopra, Anupama (2020-12-25). "Coolie No 1 Starring Varun Dhawan And Sara Ali Khan Is Offensive And Unfunny". Film Companion (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-25. 
  25. ^ "Coolie No 1 movie review: Varun Dhawan, Sara Ali Khan's film is limp spoof of the original". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 2020-12-25. Diakses tanggal 2020-12-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]