Muamalat Institute

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Muamalat Institute adalah salah satu anak perusahaan dari Bank Muamalat Indonesia yang bergerak dalam bidang pelatihan, konsultansi, riset, dan publikasi, didirikan pada tahun 1992 dan berlokasi di Jalan Tanjung Duren Raya No.7 ABC Grogol Petamburan, Jakarta.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Muamalat Institute didirikan pertama kali dengan nama lembaga pendidikan dan pengembangan perbankan syariah (LPPBS). Diinisiasi oleh para pendiri Bank Muamalat Indonesia, para penggiat Ekonomi Syariah, serta cendekiawan muslim untuk aktif mensyiarkan terkait ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Beberapa tokoh pendiri diantaranya Prof Amir Rajab Batubara, KH Hasan Basri, Prof Dr Amin Aziz, Sukamdani Sahid Gitosardjono, dan Dr Rachmat Saleh.


Lebih dari 30 tahun, Muamalat Institute telah melalui beberapa milestone dan terus bertransformasi untuk menjadi lembaga yang professional untuk mendorong pengembangan sumber daya insani melalui peningkatan kompetensi hardskill maupun softskill. Muamalat Institute turut berperan aktif mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah melalui berbagai macam program literasi.


Program Layanan[sunting | sunting sumber]

Pelatihan perbankan syariah, pelatihan syariah, pelatihan perbankan baik hardskill maupun softskill, konsultansi bisnis, program sertifikasi, talent management, learning management system, education link and match. Fokus Layanan MI meliputi 4 aspek :

Pelatihan

Konsultasi

Penelitian

Publikasi


Portfolio[sunting | sunting sumber]

Portfolio klien Muamalat Institute berasal dari industri perbankan meliputi bank umum konvensional dan syariah, bank pembangunan daerah, dan BPR/BPRS, jasa keuangan non-bank, dan juga lembaga perguruan tinggi.

Referensi[sunting | sunting sumber]