Mrigayaa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mrigayaa
SutradaraMrinal Sen
ProduserK. Rajeshwara Rao
Ditulis oleh
Berdasarkan
Shikar
oleh Bhagbati Charan Panigrahi
Pemeran
Penata musikSalil Choudhury
SinematograferK. K. Mahajan
Tanggal rilis
  • 6 Juni 1976 (1976-06-06)
NegaraIndia
BahasaHindi

Mrigayaa (lit. The royal hunt) adalah sebuah film drama periode berbahasa Hindi India 1976 yang disutradarai oleh Mrinal Sen dan diproduksi oleh K. Rajeshwara Rao. Berdasarkan pada sebuah cerita pendek karangan Bhagbati Charan Panigrahi, film tersebut menampilkan tentang hubungan antara para kolonialis Britania dan para penduduk desa asli, dan ekspolitasi mereka oleh para tuan tanah di India pada 1920an. Aktor utama Mithun Chakraborty dan Mamata Shankar membuat debut layar lebar mereka pada film tersebut.

Skor film-nya dibuat oleh Salil Chowdhury sementara K. K. Mahajan menangani sinematografinya. Di Penghargaan Film Nasional ke-24, Mrigayaa memenangkan dua penghargaan—Film Fitur Terbaik dan Aktor Terbaik. Film tersebut juga memenangkan Penghargaan Kritikus Filmfare untuk Film Terbaik disamping dinominasikan untuk Penghargaan Emas di Festival Film Internasional Moskwa ke-10 pada 1977.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Acara Kategori Nominasi Hasil
Penghargaan Film Nasional Penghargaan Film Nasional ke-24th National Film Awards (1976) Film Fitur Terbaik K. Rajeshwara Rao (Produser)
Mrinal Sen (Sutradara)
Menang[1]
Aktor Terbaik Mithun Chakraborty Menang[1]
Penghargaan Filmfare Penghargaan Filmfare ke-24 (1976) Penghargaan Kritikus untuk Film Terbaik K. Rajeshwara Rao Menang[2]
Festival Film Internasional Moskwa Festival Film Internasional Moskwa ke-10 (1977) Golden St. George Mrinal Sen Nominasi[3]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama hindu1
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama hindu2
  3. ^ "10th Moscow International Film Festival (1977)". MIFF. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-16. Diakses tanggal 2013-01-12. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]