Mourning Becomes Electra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Mourning Becomes Electra adalah judul sebuah trilogi sandiwara panggung oleh Eugene O'Neill, pertama dipentaskan pada 1931. Ceritanya terilhami oleh tragedi Yunani kuno mengenai Orestes, namun settingnya diubah menjadi rumah seorang jendral dalam Perang Saudara Amerika. Agamemnon dalam kisah ini adalah General Ezra Mannon, Clytemnestra adalah istri keduanya Christine, Orestes adalah anaknya laki-lakinya Orin, dan Electra adalah anak perempuannya Lavinia. Dalam kisah ini ada pembunuhan, perzinahan, incest, dan balas dendam. Sandiwara ini dapat ditafsirkan dari sudut pandang Freudian, dengan merujuk langsung pada fenomena Oedipus complex dan Electra complex.

Mourning Becomes Electra terbagi menjadi 3 bagian dengan tema yang merujuk pada trilogi Oresteia oleh Aeschylus. Ketiganya berjudul Homecoming, The Hunted, dan The Haunted. Walaupun demikian ketiga sandiwara ini tidak pernah dipentaskan sendiri-sendiri, namun berangkai sebagai sebuah trilogi panjang. Karena hal ini beberapa bagian sering dipotong, dan juga dibandingkan dengan karya-karya O'Neill lainnya relatif jarang dipentaskan.

Pada 1947, sandiwara ini dibuat sebagai film yang dibintangi oleh Rosalind Russell, Michael Redgrave, Raymond Massey, Katina Paxinou, Leo Genn dan Kirk Douglas. Film ini ditulis dan disutradarai Dudley Nichols dan dinominasikan untuk Academy Awards for Best Actor in a Leading Role (Michael Redgrave) dan Best Actress in a Leading Role (Rosalind Russell).