MorphOS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
MorphOS
MorphOS logo
Perusahaan / pengembangTim Pengembangan MorphOS
KeluargaAmigaOS
Status terkiniKini
Model sumberSumber tertutup
Rilis perdana?
Rilis stabil terkini3.14 / 2020-10-04
Dukungan platformPegasos, beberapa model dari Amiga, EFIKA
Kernel typeMicro/pico[1]
Antarmuka bawaanAmbient
LisensiCampuran sumber tertutup dan sumber terbuka
Situs web resmihttp://www.morphos-team.net

MorphOS adalah sebuah sistem operasi yang bersifat campuran antara sumber tertutup dan sumber terbuka, diproduksi untuk komputer berbasis prosesor Pegasos PowerPC, sebagian besarnya model-model komputer Amiga yang dilengkapi akselerator PPC dan sederetan board pengembangan Freescale yang menggunakan Genesi Firmware, termasuk di antaranya EFIKA dan mobileGT. Inti sistem operasi ini didasarkan pada microkernel Quark (kernel), yang merupakan sumber tertutup, kendati beberapa pustaka dan bagian lainnya adalah sumber terbuka, misalnya Ambient (antarmuka desktop).

Karakteristik dan versi[sunting | sunting sumber]

OS ini dikembangkan untuk prosesor PowerPC oleh Freescale dan IBM sambil mendukung aplikasi-aplikasi asli AmigaOS MC680x0 melalui emulasi berbasis penugasan tertutup, dan sebagian besar aplikasi AmigaOS/PPC melalui pembungkus API. Sistem operasi ini API-kompatibel dengan AmigaOS 3.1 dan memiliki GUI yang didasarkan pada Magic User Interface.

Di samping Pegasos versi MorphOS, terdapat sebuah versi "PowerUP" untuk komputer-komputer Amiga yang dilengkapi kartu akselerator PPC yang diproduksi oleh Phase5. Versi ini bebas, meskipun mengalami pelambatan setelah tiap dua jam sesi jika tidak didaftarkan. Pendaftaran tidaklah berbiaya. Perbaruan terakhir PowerUP MorphOS adalah pada 23 Februari 2006, tetapi tidak melebihi himpunan fitur atau kemajuan rilis Pegasos.

Sebuah versi MorphOS untuk EFIKA, mainboard yang sangat kecil yang didasarkan pada prosesor PPC berdaya sangat rendah, MPC5200B PPC dari Freescale, telah diunjukkan pada pameran-pameran dan penarikan pembeli di Jerman. Rilis MorphOs terkini (sejak 2.0) mendukung EFIKA.

Komponen[sunting | sunting sumber]

Status[sunting | sunting sumber]

Sebagai sebuah projek sumber tertutup, dan tim intinya berfokus kepada pemrograman, sebagai ganti untuk hubungan masyarakat, mendapatkan informasi tentang status MorphOS tidaklah mudah. Sebagian besar diskusi publik berasal dari forum-forum MorphZone Diarsipkan 2011-08-17 di Wayback Machine..

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Basic Kernel Information". MorphOS Home Page. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-09. Diakses tanggal 2007-03-21. 

Templat:AmigaOS