Monster Stronsay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sketsa monster Stronsay yang dibuat oleh Sir Alexander Gibson pada tahun 1808.

Monster Stronsay adalah bangkai besar misterius atau globster[1] yang terdampar di pesisir pulau Stronsay (waktu itu dieja Stronsa), di Kepulauan Orkney, sehabis badai yang terjadi tanggal 25 September 1808. Bangkai tersebut memiliki panjang 55 kaki, namun karena bagian ekornya tampak hilang, sesungguhnya ukurannya lebih panjang daripada itu (Catatan Wernerian Society, 1808–1810, Perpustakaan, Royal Museum, Edinburgh).[2]

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Natural History Society (Wernerian Society) Edinburgh tidak mampu mengidentifikasi bangkai tersebut dan memutuskan bahwa itu adalah spesies baru, kemungkinan sejenis naga laut. Kemudian ahli anatomi Sir Everard Home di London menolak hasil pengukuran, menyatakan bahwa ukurannya pasti sekitar 36 kaki, dan mempertimbangkannya sebagai bangkai hiu penjemur yang membusuk (bangkai hiu penjemur dapat menyerupai bentuk 'plesiosaurus semu' saat mengalami pembusukan). Tahun 1849, profesor asal Skotlandia, John Goodsir di Edinburgh membuat kesimpulan yang sama. Bagaimanapun, ukuran hiu penjemur terbesar dari catatan tepercaya menyatakan panjangnya 40 kaki, sehingga dengan panjang 55 kaki, makhluk misterius di Stronsay masih merupakan teka-teki bidang kriptozoologi.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Sketsa lain tentang monster Stronsay.
  • Panjang Monster Stronsay adalah 55 kaki, diukur oleh tiga saksi (salah satunya merupakan tukang kayu dan yang lainnya merupakan petani).
  • Lebarnya 4 kaki dan memiliki keliling sekitar 10 kaki.
  • Memiliki tiga pasang 'kaki' atau 'kepak'.
  • Kulitnya halus saat diraba dari kepala ke ekor dan kasar saat diraba dari ekor ke kepala.
  • Di tepi siripnya terdapat bulu kejur dan tengkuknya dipenuhi bulu kejur di sepanjang punggung.
  • Bulu kejurnya menyala dalam gelap saat basah.
  • Isi perutnya berwarna merah.[3]

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Yvonne Simpson, ahli genetika dari Orkney, telah meneliti bukti-bukti dan menyatakan bahwa mungkin sebenarnya Monster Stronsay adalah seekor hiu penjemur besar yang tak lazim, atau mungkin suatu spesies hiu yang tak diketahui yang memiliki hubungan biologis yang dekat dengan hiu penjemur.[4] Gambar bangkai Monster Stronsay yang membusuk mirip dengan bentuk dan ukuran penggambaran "Nessie" yang terkenal.[5] Monster itu dideskripsikan bertulang rawan daripada bertulang padat, yang sejenis dengan hiu atau hewan terkait, dan bukan plesiosaurus maupun paus. Tiga pasang anggota badannya mungkin merupakan klasper hiu jantan, namun biasanya ukuran yang jantan lebih kecil daripada milik betina dari spesies yang sama. Ada kemungkinan bahwa makhluk tersebut merupakan anggota familia regalecidae (oarfish) yang menunjukkan perbedaan yang sama.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Newton, Michael (2009). Hidden Animals: A Field Guide to Batsquatch, Chupacabra, and Other Elusive Creatures. ABC-CLIO/Greenwood. hlm. 79–80. ISBN 978-0-313-35906-4. 
  2. ^ Newton, Michael (2005). "Stronsay Beast". Encyclopedia of Cryptozoology: A Global Guide. McFarland & Company, Inc. hlm. 442–443. ISBN 0-7864-2036-7. 
  3. ^ Simpson, Dr. Y. A. (2001). "'The Strange Case of the Stronsay Beast". Diarsipkan dari aslinya tanggal 2007-11-05. Diakses 23 January 2011. 
  4. ^ "The Strange Case of the Stronsay Beast". Diakses 2008-11-22. 
  5. ^ "Orkney beast 'similar to Nessie'". news.bbc.co.uk. 2007-11-03. Diakses 2007-11-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]