Monkeyshines

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monkeyshines
Monkeyshines No. 1 dan 2
SutradaraWilliam K. L. Dickson
William Heise
PemeranFred Ott
Giuseppe Sacco Albanese
Tanggal rilis
1889 atau 1890
Durasi56 detik (No. 1 dan 2)
NegaraAmerika Serikat
BahasaBisu

Monkeyshines adalah serangkaian film bisu pendek eksperimental yang dibuat untuk menguji format silinder asli dari Kinetoskop, dan diyakini sebagai film pertama yang dibuat di Amerika Serikat.

Monkeyshines, No. 1 direkam oleh William K. L. Dickson dan William Heise untuk laboratorium Edison. Para ahli memiliki pendapat yang berbeda mengenai apakah film pertama dibuat pada bulan Juni 1889 yang dibintangi oleh Fred Ott atau pada suatu waktu antara 21-27 November 1890 yang dibintangi oleh Giuseppe Sacco Albanese.[1] Kedua orang tersebut merupakan sesama pekerja laboratorium di perusahaan itu, dan terdapat bukti-bukti yang saling bertentangan untuk setiap klaim. Monkeyshines, No. 2 dan Monkeyshines, No. 3 dengan cepat menyusul untuk menguji kondisi lebih lanjut.

Film-film ini dimaksudkan sebagai pengujian internal sistem kamera baru, dan tidak dibuat untuk penggunaan komersial, sedangkan kemunculannya hingga dikenal berkat kerja keras para sejarawan film. Ketiga film tersebut menunjukkan sosok buram berwarna putih berdiri di satu tempat dan membuat gerakan besar dan hanya berdurasi beberapa detik. Monkeyshines No. 3 telah lenyap dan mungkin hilang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kino Video. "Edison: The Invention of the Movies". Retrieved August 13, 2006. Diarsipkan May 14, 2011, di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]