Monachus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monachus
Monachus

Anjing laut biksu Hawaii
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoCarnivora
FamiliPhocidae
GenusMonachus
Fleming bis, 1822
Spesies
Monachus monachus

Neomonachus schauinslandi

Neomonachus tropicalis

Hawaiian monk seal range

Monachus adalah anjing laut Monachinae dari famili Pochidae (anjing laut tanpa telinga). Mereka adalah satu-satunya anjing laut Pochidae yang ditemukan di daerah beriklim tropis. Dua genus anjing laut biksu, Monachus dan Neomonachus, terdiri dari tiga spesies: segel biarawan Mediterania, Monachus monachus; anjing laut biksu Hawaii, Neomonachus schauinslandi; dan anjing laut biarawan Karibia, Neomonachus tropicalis, yang punah pada abad ke-20.

Dua spesies yang masih hidup sekarang tergolong satwa langka dan dalam bahaya kepunahan. Ketiga spesies segel biarawan diklasifikasikan dalam genus Monachus sampai 2014, ketika spesies Karibia dan Hawaii ditempatkan ke dalam genus baru, Neomonachus.

Anjing laut memiliki tubuh yang ramping serta lincah. Mereka memiliki hidung yang lebar dan datar dengan lubang hidung di atasnya. Anjing laut merupakan hewan poligen dan sekumpulan mereka dinamakan harem. Makanan mereka mayoritas ikan bertulang dan cumi-cumi. Kulit mereka ditutupi rambut-rambut kecil, yang umumnya berwarna hitam pada jantan dan coklat atau abu-abu gelap pada betina. Anjing laut biarawan ditemukan di kepulauan Hawaii, daerah tertentu di Atlantik timur dan Laut Mediterania (seperti Cabo Blanco dan Pulau Gyaros), dan sebelumnya di daerah tropis di barat Samudra Atlantik.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]