Molbongo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Molbongo
Nyctophilus geoffroyi
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Tribus:
Genus:
Nyctophilus

Leach, 1821[1]
Spesies tipe
Nyctophilus geoffroyi
Leach, 1821
Spesies

Lihat teks

Nyctophilus adalah genus dari Kelelawar biasa atau Kelelawar vesper. Mereka sering disebut molbongo atau kelelawar bertelinga panjang, karena panjang telinganya seringkali melebihi panjang kepalanya. Genus ini terdapat di Pulau Papua - Australia.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Genus dari keluarga kelelawar yang umum dan tersebar luas Vespertilionidae, kelelawar malam yang umum. Mereka ditemukan di Australia, New Guinea dan Indonesia, dan kurangnya penelitian ekstensif mengenai beragam bentuk dan kebiasaan mereka.

Spesies ini mempunyai susunan tubuh yang menyerupai kelelawar tapal kuda dari keluarga Rhinolophidae, namun dibedakan dengan telinga yang melebihi panjang kepala. Setengah bagian atas telinga terlihat berusuk di permukaan bagian dalam. Moncong spesies ini pendek dan ciri ekornya khas dari famili ini. Spesies ini memiliki pelengkap kecil di lubang hidung, mirip dengan struktur ornamen kelelawar yang lebih besar yang menggunakan suara frekuensi konstan yang dipancarkan melalui hidung dalam ekolokasi . Genera vespertilionid yang berwajah polos menggunakan ekolokasi termodulasi frekuensi, yang dipancarkan secara lisan, tetapi genus ini—dan mungkin genus Amerika Utara Antrozous —dipastikan menggunakan suara melalui alat lubang hidung.

Keberagaman[sunting | sunting sumber]

  • Molbongo besar, Nyctophilus timoriensis . Sejumlah populasi serupa, yang sementara dibedakan atau dideskripsikan secara formal, disebut sebagai " Kompleks Nyctophilus timoriensis ", suatu kelompok yang bersekutu karena kemiripan dengan spesies ini dan tipifikasi selanjutnya. Keraguan mengenai lokasi jenis, julukan dan penulis Vespertilio timoriensis yang menunjukkan asal usulnya sebagai Timor, tercatat sejak revisi awal genus tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Leach, William Elford (1821). "IX. The Characters of seven Genera of Bats with foliaceous Appendages to the Nose". Transactions of the Linnean Society of London. 13: 73–82. doi:10.1111/j.1095-8339.1821.tb00056.x. ISSN 1945-9432. 
  2. ^ Parnaby, Harry E.; King, Andrew G.; Eldridge, Mark D. B. (2021-05-19). "A new bat species from southwestern Western Australia, previously assigned to Gould's Long-eared Bat Nyctophilus gouldi Tomes, 1858". Records of the Australian Museum (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-19.