Model jaringan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Model Jaringan merupakan model database yang diyakini sebagai cara fleksibel mewakili objek dan hubungan mereka. Model ini memiliki fitur istimewa yang pada skema, diperlihatkan sebagai grafik dengan tipe objek ialah node, tipe hubungannya ialah kurva, yang tidak terbatas dengan menjadi hierarki atau berkisi.

Contoh dari Model Jaringan.

Penemu asli dari Model Jaringan ialah Charles Bachman, dan dikembangkan menjadi spesifikasi standar pada 1969 di Konsorsium CODASYL

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Sementara data struktur model hierarkis merupakan sebagai record tree, dengan setiap record memiliki satu record parent dan banyak child, model jaringan ini membolehkan setiap record untuk memiliki parent dan record yang banyak, membentuk sebuah stuktur grafik umum. Sifat ini diterapkan pada dua tingkatan: yaitu skema merupakan grafik umum dari tipe record yang dihubungkan oleh tipe hubungan yang disebut "set tipe" pada CODASYL), dan database itu sendiri yang merupakan grafik umum dari kejadian record yang terhubung dengan hubungan set CODASYL. Siklus dapat diterapkan pada kedua tingkatan. Peraturan untama yang paling berlaku dari model jaringan, dengan perbandingannya pada model hierakis ialah diizinkannya model yang lebih alami dari hubungan antara entiti. Walaupun model telah secara luas dikembangkan dan digunakan, model ini gagal untuk menjadi dominan dengan dua alasan utama. Pertama, IBM memilih untuk tetap menggunakan model hierarki dengan semi-jaringan pada produk jadinya seperti IMS dan DL/I. Kedua, model ini pada akhirnya digantikan oleh model relasional, yang menyediakan tingkatan yang lebih tinggi, dengan tampilan yang lebih bagus. Hingga pada awal tahun 1980-an manfaat hasil dari tampilan navigasi tingkatan rendah yang menyediakan database hierarki dan jaringan diyakinkan untuk aplikasi skala besar, namun setelah hardware menjadi lebih cepat, fleksibilitas dan produktifitas lebih dari model relasional sedikit demi sedikit membuat model jaringan berangsur-angsur menjadi usang pada penggunaan perusahaan.

Sistem Database[sunting | sunting sumber]

Beberapa sistem database terkenal yang menggunakan jaringan model termasuk:

  • Integrated Data Store (IDS)
  • IDMS (Integrated Database Management System)
  • RDM Embedded
  • TurboIMAGE
  • Unisys OS 2200 database

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1969, Konferensi Bahasa Sistem Data (CODASYL) meresmikan spesifikasi pertama dari model database jaringan. Kemudian diikuti dengan penerbitan kedua pada tahun 1971, yang mennjadi dasar dari semua implementasinya. Proyek tersebuk berlanjut pada awal tahun 1980an, memuncak pada peresmian Organisasi Standarisasi Internasional (ISO), namun hanya sedikit berpengaruh pada produk ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Bacaan Lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]