Mode pesawat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mode pesawat (Inggris: airplane mode, juga dikenal sebagai mode terbang atau mode luring) adalah pengaturan yang tersedia di ponsel cerdas dan perangkat portabel lainnya. Saat diaktifkan, mode ini menangguhkan teknologi transmisi sinyal frekuensi radio perangkat (seperti Bluetooth, telepon seluler, dan Wi-Fi), secara efektif menonaktifkan semua suara analog, dan layanan data digital, bila diterapkan dengan benar oleh pembuat perangkat lunak elektronik. Ketika telepon seluler menjadi lazim pada tahun 1990-an, beberapa perangkat jemala komunikasi pilot pesawat akan mendaftarkan bunyi klik ketika telepon seluler di pesawat akan menerima sinyal. Mengklik pada perangkat jemala ini menjadi sangat mengganggu kontrol badan pesawat, dengan semakin banyak panggilan telepon dari penumpang pesawat seiring berjalannya waktu. Hal ini menyebabkan pelarangan penggunaan perangkat elektronik di pesawat terbang dan mengantarkan era mode pesawat. Kondisi perjalanan pesawat ini membuat perkembangan perangkat jaringan seluler menyimpang dari perangkat keras ke perangkat lunak dan ponsel pintar pun diciptakan.

Mode ini dinamai demikian karena sebagian besar maskapai penerbangan melarang penggunaan peralatan yang mengirimkan sinyal frekuensi radio saat dalam penerbangan. Biasanya, tidak mungkin melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan dalam mode pesawat, tetapi beberapa ponsel cerdas mengizinkan panggilan ke layanan darurat. Sebagian besar perangkat memungkinkan penggunaan klien surel dan aplikasi seluler lainnya secara berkelanjutan untuk menulis pesan teks atau surel. Pesan disimpan dalam memori untuk dikirim nanti, setelah mode pesawat dinonaktifkan.

Wi-Fi dan Bluetooth dapat diaktifkan secara terpisah saat perangkat dalam mode pesawat semu, sebagaimana diizinkan oleh operator pesawat.[1][2] Penerima sinyal frekuensi radio (seperti oleh penerima radio dan layanan navigasi satelit) tidak boleh dihalangi oleh mode pesawat; namun, baik pemancar maupun penerima diperlukan untuk menerima panggilan dan pesan, bahkan saat tidak menanggapinya.

Karena pemancar perangkat dimatikan saat dalam mode pesawat, mode tersebut mengurangi konsumsi daya listrik dan meningkatkan masa pakai baterai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "iOS: Understanding airplane mode". Apple Support. April 14, 2015. If allowed by the aircraft operator and applicable laws and regulations, you can re-enable Wi-Fi and Bluetooth while in airplane mode 
  2. ^ "Android: AIRPLANE_MODE_RADIOS". A comma separated list of radios that need to be disabled when airplane mode is on. This overrides WIFI_ON and BLUETOOTH_ON, if Wi-Fi and Bluetooth are included in the comma separated list.