Mistik (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mistik
MysticsUKDVD.jpg
Sampul DVD Mystics in Bali (Mistik dalam judul Inggris) oleh Mondo Macabro (2007)
SutradaraTjut Djalil
ProduserSri Gunawan, Hendry Katili, Abdul Muis Sofian
PenulisNovel:
Putra Made
Skenario:

Jimmy Atmaja
PemeranIlona Agathe Bastian
Yos Santo
Sofia W.D.
W.D. Mochtar
MusikGatot Sudarto (sebagai Gatot S. "The Disc")
Ibnu Hassan
SinematografiKasdullah
PenyuntingDjuki Paimin
DistributorPan Asiatic Film
(Indonesia)
Mondo Macabro
(Internasional)
Durasi
118 menit
NegaraIndonesia

Mistik atau Leák adalah film horor Indonesia tahun 1981 yang disutradai oleh Tjut Djalil berdasarkan novel "Leák Ngakak" (1978) yang ditulis oleh Putra Made. Judul internasional film ini adalah Mystics in Bali, dan juga dikenal dengan judul Balinese Mystic di Australia. Tema film ini berasal dari mitos Leák yang populer di Bali. Saat dirilis, film ini sempat dilarang beredar di Indonesia, tetapi versi bajakannya akhirnya beredar melalui VHS, pertama secara lokal dan kemudian internasional. Film ini akhirnya mendapat status kultus di kalangan fans horor di seluruh dunia, khususnya setelah memperoleh perhatian dan berbagai resensi yang umumnya positif di dunia Internet, bahkan sebelum versi DVDnya dirilis.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini bercerita tentang Cathy Kean (Ilona Agathe Bastian), seorang penulis muda dari Amerika Serikat fasih berbahasa Indonesia yang pergi ke Bali untuk mempelajari rahasia ilmu gaib kuno Leák untuk buku yang sedang dia tulis. Suatu malam di hutan, dia bertemu dengan seorang wanita yang adalah seorang penyihir dan anggota sekte mengerikan 'Leák' (Sofia W.D.). Dia akhirnya setuju untuk menjadi seorang murid pengikut 'Leák' dan mulai mengikuti banyak ritual aneh dan kejam. Tetapi sang penyihir Leák mempunyai rencana tersembunyi untuk murid mudanya tersebut. Penyihir Leák itu mengubah Cathy menjadi budak penghisap darah yang selalu haus darah dan memangsa bayi dari perkampungan lokal sebagai bagian dari rencananya untuk mencapai keabadian. Mahendra (Yos Santo), seorang penduduk lokal yang menyukai Cathy, meminta pertolongan dari pamannya, I Wayan Jereg (W.D. Mochtar), seorang pemuka Hindu setempat untuk menghentikan Penyihir Leák. Cerita kemudian terbawa ke dalam perang antara kekuatan sihir baik dan jahat. Seiring perjalanan cerita, penonton disuguhi adegan-adegan yang aneh dan mengejutkan yang merujuk ke legenda-legenda Indonesia, antara lain wanita yang berubah menjadi babi (legenda babi ngepet), ular, dan makhluk Leák dari judul film ini, yang berupa kepala tanggal manusia dengan taring dan lidah panjang yang melayang-layang dengan organ bagian dalam tubuh yang masih menggantung dari lehernya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Rilis Versi DVD[sunting | sunting sumber]

Film ini pertama kali dirilis secara internasional dalam format DVD oleh Mondo Macabro, salah satu perusahaan distributor film dari Britania Raya. Versi tersebut dirilis pada tahun 2003, yang kini sudah tidak beredar. Mondo Macabro merilis ulang edisi baru film ini pada tahun 2007 yang merupakan versi transfer Definisi tinggi (HD) lengkap dari negatif film aslinya dan dialog yang dialih-bahasakan ke bahasa Inggris.

Catatan produksi[sunting | sunting sumber]

  • Penyanyi dangdut Indonesia Itje Trisnawati tampil sebagai peran pembantu dalam film ini.
  • Penataan artistik dan Spesial efek dalam film ini dikerjakan oleh El Badrun, ahli spesial efek kawakan Indonesia yang menangani spesial efek untuk film seperti Ratu Ilmu Hitam (1979), dan Saur Sepuh: Satria Madangkara (1988).
  • Mistik tidak didistribusikan secara internasional saat rilis aslinya tetapi kemudian telah menjadi film kultus di kalangan penggemar film horor internasional setelah beredar melalui media video bajakan.
  • Ada sebuah film versi lain yang dirilis oleh StarVision pada tahun 1985, yang berjudul Putri Angsa dan Leák. Dalam versi ini, sang tokoh utama berada di Bali ketika mereka dikutuk oleh penyihir Leák menjadi angsa. Kemudian mereka diselamatkan menjadi manusia kembali oleh Ratu Peri Bunda Maria dan kemudian menyelamatkan Bali dari ancaman Leák.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]