Perutusan Tetap untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perutusan Tetap untuk PBB (terkadang disebut sebagai "duta besar PBB")[1] adalah kepala perwakilan diplomatik untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Adapun perwakilan permanen PBB yang paling dikenal adalah mereka yang ditugaskan di kantor pusat di New York. Namun, negara-negara anggota juga menunjuk perwakilan tetap ke kantor PBB lainnya di Jenewa, Wina, dan Nairobi.

Banyak negara, termasuk Amerika Serikat, menyebut perwakilan tetap PBB mereka "duta besar PBB". Walaupun seorang wakil tetap memiliki kedudukan diplomatik yang setara dengan seorang duta besar (atau kepala perwakilan atau komisioner tinggi), dia terakreditasi untuk sebuah organisasi internasional, dan bukan kepada seorang kepala negara (seperti yang akan dilakukan oleh seorang duta besar suatu negara) atau seorang kepala pemerintahan (sebagai komisaris tinggi).

Perwakilan untuk Dewan PBB[sunting | sunting sumber]

Beberapa diplomat merupakan perwakilan untuk Dewan PBB, misalnya Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Duta Jasa Baik[sunting | sunting sumber]

UNESCO memiliki delegasi permanen yang mengepalai perwakilan diplomatik ke organisasi, bukan perwakilan permanen. Namun, ada juga Duta Jasa Baik UNESCO, seperti banyak selebritas asal Amerika Serikat yang bertindak sebagai Duta Jasa Baik UNESCO untuk negara tertentu. UNHCR memiliki Duta Jasa Baik yang juga serupa.

Perwakilan tetap PBB kadang-kadang disebut duta besar untuk PBB, atau jarang, duta besar tetap PBB, untuk membedakan posisi dari menjadi duta besar niat baik UNESCO. Namun, sekali lagi, istilah "duta besar" lebih umum digunakan untuk menggambarkan masing-masing pejabat pemerintah negara yang ditugaskan untuk menangani beberapa urusan dengan negara lain.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  1. Situs Resmi Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB (Indonesia)
  2. Situs Resmi Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB (Inggris)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History of Ambassadors", United States Mission to the United Nations, March 2011, webpage:USUN-a Diarsipkan 2013-04-29 di Wayback Machine..