Mirip Unix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mirip-Unix)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Diagram perkembangan sistem operasi Unix dan Mirip Unix sepanjang waktu. Klik lebih lanjut untuk melihatnya lebih jelas.

Mirip Unix (Inggris: Unix-like) adalah keluarga sistem operasi yang karakteristik dan fungsinya menyerupai dengan sistem operasi Unix, tetapi tidak memiliki ikatan langsung ke Unix asli. Mirip Unix juga dapat didefinisikan sebagai keluarga sistem operasi Unix yang diturunkan dan dimodifikasi, terutama untuk mendekripsikan sistem BSD.

Tidak ada definisi baku untuk istilah ini. Sistem operasi yang mendeskripsikan dirinya sebagai Unix juga disebut Mirip Unix. Selain istilah Mirip Unix digunakan untuk merujuk keluarga sistem operasi ini, istilah-istilah lainnya seperti UN*X, Un*x, *NIX dan *nix juga terkadang digunakan[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sistem Mirip Unix telah dimulai pada sekitar tahun 1970an-1980an. Beberapa sistem pertama yang dikembangkan yaitu Idris (1978), UNOS (1982), Coherent (1983), dan UniFlex (1985). Kesemuanya ditujukan untuk menyediakan bisnis dengan fungsi-fungsi yang telah tersedia untuk pengguna akademik Unix.

Pada tahun 1979, Ketika AT&T mengizinkan sublisensi biner komersial Unix yang berharga relatif murah, berbagai sistem operasi telah dikembangkan berdasarkan ini. Termasuk IBM AIX, HP-UX, Oracle Solaris, dan Xenix. Tumbuhnya ketidaksesuai antara sistem-sistem ini akhirnya membentuk standar interoperabilitas, seperti POSIX dan Spesifikasi Unix Tunggal.

Contoh[sunting | sunting sumber]

BSD merupakan sistem operasi yang aslinya Unix. Kemudian menjadi Mirip Unix karena adanya sengketa hukum antara Laboratorim Sistem Unix dengan Berkeley Software Design, pengembang BSD Unix asli. Akhirnya secara bertahap, pada tahun 1993, FreeBSD dan NetBSD diturunkan menjadi BSD pertama yang dimodifikasi untuk menghindari sengketa hukum, sehingga menjadi keluarga Mirip Unix.

Linux, MINIX, dan GNU/Hurd merupakan sistem operasi Mirip Unix yang tidak memiliki kaitan apapun ke Unix. Jadi ketiganya bisa dianggap klon dari Unix (kecuali EulerOS dan Inspur K-UX. Keduanya adalah distribusi Linux yang mendapatkan Spesifikasi Unix Tunggal). Adapun macOS dan Solaris adalah contoh sistem operasi Unix yang memenuhi Spesifikasi Unix Tunggal sehingga tidak bisa dsiebut Mirip Unix.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Unix-like definition by The Linux Information Project (LINFO)". www.linfo.org. Diakses tanggal 2019-03-09.